Bahasa Jepang Selamat Pagi dan Selamat Makan

Bahasa Jepang Selamat Pagi, Selamat Siang, Selamat Malam dan Selamat-Selamat Lainnya Lengkap!

Sebelumnya mari kita dengarkan lagu yang berjudul “Ohayou” dari grup band Keno yang menjadi soundtrack dari anime Hunter X Hunter. Lagu Bahasa Jepang selamat pagi ini cocok didengarkan pagi hari untuk memberikan semangat bagi kamu yang akan melakukan aktivitas.

Bahasa Jepang Selamat Pagi

Saling memberi sapa dan mengucapkan selamat adalah hal yang lumrah di Jepang dan sangat penting di mata orang Jepang terutama ucapan Bahasa Jepang selamat pagi tak terkecuali di Jepang.

Mengucapkan salam sebelum memulai pembicaraan menjadi hal yang wajib khususnya bagi orang asing seperti kita ini. Orang yang bicara tanpa terlebih dahulu memberi salam dianggap kurang sopan dan lawan bicara cenderung akan malas menanggapinya.

Bahasa Jepang Selamat Pagi
japanesian.id

Agar kamu tidak diacuhkan oleh teman orang Jepang ketika berbicara dan agar hubungan persahabatan semakin erat, kamu harus mengetahui jenis-jenis salam dan ucapan selamat dalam Bahasa Jepang serta waktu penggunaannya yang tepat. Untuk itu kali ini secara khusus saya akan membahas mengenai Salam-salam dalam Bahasa Jepang.

Bahasa Jepang selamat Pagi teman
japanesian.id

Ucapan Selamat Pagi Bahasa Jepang

Selamat pagi dalam Bahasa Jepang sangat vital sekali penggunaannya. Bukan hanya sekedar mengucapkan saja tapi juga memberikan semangat di pagi hari bagi lawan bicara kita yang akan memulai aktivitasnya.

Oleh karena itu, Bahasa Jepang selamat pagi tidak hanya diucapkan di pagi hari saja tetapi bisa kapanpun kepada orang yang baru saja kita temui dengan tujuan untuk  memberi semangat.

Bahasa Jepang Selamat Pagi Hari
jp.fondercranhd.net

Bahasa Jepang selamat pagi penggunaannya juga harus tepat. Jika kepada lawan bicara yang lebih tua, kita harus mengucapkan dengan kata sopan yaitu “Ohayou Gozaimasu” sambil membungkukan badan atau minimal menganggukan kepada sambil tersenyum kepadanya. “Ohayou “artinya “pagi” dan “gozaimasu” hanya bentuk akhiran yang menunjukkan etika kesopanan kepada lawan bicara.

Bahasa Jepang Selamat Pagi Sopan
kaigai-matome.net

Tapi apabila lawan bicara kita seumuran atau bahkan lebih muda dari kita, kita cukup mengucapkan “ohayou” atau “pagi” saja tanpa harus membungkukkan badan. Selain dibedakan menurut faktor usia, jabatan dalam sebuah pekerjaan juga mempengaruhi penggunaan Bahasa Jepang selamat pagi ini.

Misalnya meskipun atasan kita usianya lebih muda, kamu wajib mengucapkan Bahasa Jepang selamat pagi dengan bentuk sopan. Atau bisa juga ketika bertemu dengan orang yang tidak kita kenal, mengucapkan bentuk “Ohayou Gozaimasu” adalah penggunaan yang tepat agar lawan bicara kita senang kepada kita.

Bahasa Jepang Selamat Pagi Informal
shotoku.ac.jp

Kata “ohayou “sendiri sebenarnya berasal dari kata cepat (hayai). Terbukti dengan bentuk kanji-nya yang sama yaitu “お早う” (Pagi) dan “早い” (Cepat) sama-sama menggunakan kanji berbentuk ”早”. Sedangkan kata “pagi” sendiri dalam Bahasa Jepang adalah “asa” dengan kanji “朝”.

Kalau kita lihat seluk-beluknya, “Ohayou Gozaimasu” dimaknai “Selamat Pagi” itu bukan secara makna harfiahnya (makna apa adanya). Jika diterjemahkan secara bahasa, “Ohayou Gozaimasu” berasal dari “O hayai de Gozaimasu ne” yang artinya “oo kamu cepat sekali (datangnya) ya”.

Bahasa Jepang Selamat Pagi Semangat
find-travel.jp

Saya pun pernah bertanya kepada “sensei” Bahasa Jepang saya mengenai hal ini. Beliau berkata ucapan Bahasa Jepang selamat pagi “Ohayou Gozaimasu” ini hanya semacam say hello saja. Sama seperti kita bertemu teman atau rekan kerja lalu melambaikan tangan sambil berkata “hai”.

Bahasa Jepang Selamat Siang

Menurut Kyouna Ushi Sensei (1979:20) Selamat Siang dalam Bahasa Jepang disebut Konnichiwa. Penggunaannya dari pukul 11:00 sampai pukul 14:00. Tapi ketika di Jepang, seringkali saya melihat anak-anak sekolah di kereta menyebutkan kata konnichiwa padahal waktu sudah menunjukkan pukul 20:00.

Selidik punya selidik, setelah saya bertanya kesana-kemari kepada teman orang Jepang, ternyata konnichiwa ini bisa juga berarti “apa kabar” yang bisa digunakan kapanpun bahkan pada malam hari sekalipun.

Bahasa Jepang Selamat Pagi dan Selamat Siang
toyokeizai.net

Menurut tatabahasanya “Konnichi” berarti “hari ini” yang berasal dari kata “kono nichi”. Sementara “wa” adalah partikel penghubung yang tak memiliki arti apapun jika diterjemahkan (mirip seperti is, are, dalam Bahasa Inggris).

Jadi “Konnichiwa” kalau ditranslate-kan langsung artinya menjadi “hari ini..”. Hmm, benar-benar salam yang aneh ya? Tapi sebenarnya setelah partikel “wa“ masih ada sambungan katanya. Kalimat utuhnya adalah “konnichi wa gokigen ikaga desu ka“ yang artinya “apa kabar anda hari ini?“

Anak-anak muda di Jepang, saat ini sedang nge-tren Bahasa Gaul dari “konnichiwa” yang diambil dari Bahasa India yang berbunyi “namaste”. Sambil menyatukan kedua telapak tengan layaknya orang india dan menganggukan kepala, anak muda Jepang mengucapkan kata ini untuk menanyakan kabar kepada lawan bicaranya.

Bahasa Jepang Selamat Pagi dan Namaste
tabihack.jp

Bahasa Jepang Selamat Malam

Konban memiliki arti “malam ini” dengan kanji seperti ini “今晩”. Sementara “wa” mempunyai fungsi yang sama seperti huruf “wa” dalam “konnichiwa” yaitu sebagai partikel penghubung. Jadi jika diterjemahkan langsung artinya “malam ini…”. Versi utuhnya adalah “konban wa gokigen ikaga desu ka?” yang artinya “apa kabar anda malam ini?”. Penggunaannya dari mulai matahari tenggelam sampai menjelang tidur. Sama seperti kata “good evening” dalam Bahasa Inggris.

Bahasa Jepang Selamat Pagi dan Malam
midtide.jp

Bahasa Jepang Selamat Tidur Semoga Mimpi Indah

Frasa “Oyasuminasai” (お休みなさい) dirangkai dari 2 kata yaitu “Yasumi” (やすみ) dan “Nasai” (なさい). Kata “Yasumi” (やすみ) adalah bentuk kata benda dari kata kerja “yasumu” (やすむ) yang artinya “beristirahat”. Sedangkan huruf “o” (お) di awal fungsinya untuk menambah kesan supaya terdengar lebih sopan.
Lalu kata “Nasai” (なさい) adalah perubahan dari kata kerja “nasaru” (なさる) yaitu bentuk sopan dari kata kerja “suru” (する) yang artinya “Melakukan”. “Nasai” ini biasanya digunakan untuk bentuk perintah. Jadi “Oyasuminasai” (お休みなさい) dapat ditranslate-kan ke dalam Bahasa Indonesia sebagai ungkapan “Tidurlah yang nyenyak !”.
Bahasa Jepang Selamat Pagi dan Selamat Tidur
Oyasuminasai
Orang Jepang mengucapkan “Oyasuminasai” ketika diri kita sendiri merasa ngantuk dan kepada lawan bicara yang ingin beristirahat. Penggunaannya sama seperti “Good Night” dalam Bahasa Inggris.
Bentuk informal dari “Oyasuminasai” adalah “Oyasumi” yang digunakan kepada lawan bicara yang seusia atau dibawah kita.
Untuk kalimat “semoga mimpi indah!” dalam Bahasa Jepang berbunyi “ii yume wo” (いい夢を). “ii” (いい) artinya baik/indah dan “yume” (夢) artinya mimpi. Sedangkan “wo” (を) adalah partikel penghubung yang tak memiliki arti apapun.
Bahasa Jepang Selamat Pagi dan Oyasuminasai
mominoki.com

Bahasa Jepang Selamat Ulang Tahun

Memberikan ucapan selamat ulang tahun kepada kawan atau seseorang yang sudah akrab dengan kita  cukup mengucapkan “Otanjoubi omedetou” (お誕生日おめでとう) atau hanya “otanjoubi” (お誕生日) saja.

Kata “Tanjoubi” artinya “Ulang tahun”, dan “Omedetou” bermakna “Selamat”. Kata ini diucapkan dalam situasi santai dan tidak resmi untuk seseorang yang sedang berulang tahun seperti teman sebaya, teman sekelas, rekan kerja, saudara sepupu, dan saudara yang lebih muda.

Ketika kamu terlambat mengucapkan selamat ulang tahun kepada seseorang, tambahkan kata “okurebase” (遅ればせ) sehingga menjadi “okurebase otanjoubi omedetou” atau cukup dengan mengucapkan “okurebase otanjoubi”. “Okurebase” berasal dari kata ‘okureru” dan jika diterjemahkan memiliki arti “terlambat”.
Bahasa Jepang Selamat Pagi dan Selamat Ulang tahun
youtube.com

 Bahasa Jepang Selamat Makan

“Itadakimasu” (いただきます) adalah sebuah kata yang sering dan lazim diucapkan Orang jepang ketika akan menyantap makanan atau menerima sesuatu dari orang lain sebagai ungkapan rasa syukur kepada tuhan.

Memang tak ada padanan kata yang tepat dalam Bahasa Indonesia karena budaya Indonesia tidak ada kosakata yang digunakan untuk memulai menyantap sesuatu kecuali basmallah bagi orang muslim.

Bahasa Jepang Selamat Pagi dan Selamat Makan
shokuiku-zukan.com

Bahasa Jepang Selamat Datang

Ada 2 kata untuk mengucapkan “selamat datang” dalam Bahasa Jepang yang pertama “selamat datang yang biasa diucapkan pelayan toko dan yang kedua “selamat datang” yang diucapkan seperti pada umumnya.

“Irrashaimase” (いらっしゃいませ) adalah kata yang sering diucapkan para pelayan toko seperti di minimarket, kedai ramen, toko obat dan lain-lain.

Sementara “Youkoso” (ようこそ) merupakan ucapan “selamat datang” yang digunakan pada umumnya. Misalnya “Indonesia e youkoso” (インドネシアへようこそ) yang artinya “selamat datang di Indonesia”.

Bahasa Jepang Selamat Pagi dan Selamat Datang
youtube.com

Bahasa Jepang Selamat Tinggal

Jika kita berpisah dengan seseorang dan tidak akan berjumpa lagi dalam waktu yang cukup lama bahkan kemungkinan untuk bertemu sangat tipis, maka ucapkanlah “sayounara”.

Tapi jika berpisah hanya sementara dalam jangka waktu singkat misalnya berpisah di tempat kerja dan besok pasti bertemu kembali, kata yang tepat untuk diucapkan adalah “Mata aimashou” yang artinya “Sampai jumpa lagi”

Hati-hati dalam penggunaan kedua kata ini karena di Jepang mengucapkan kata “sayounara” sangat jarang dipakai mengingat kata ini memiliki arti berpisah untuk selama-lamanya.

Bahasa Jepang Selamat Pagi dan Selamat tinggal
alchemis919.com

Ucapan Salam Untuk Perayaan Tertentu

Shinnen Omedetou Gozaimasu = Selamat tahun baru

(Go)kekkon omedetou (gozaimasu) = Selamat menempuh hidup baru (menikah)

Sotsugyou omedetou (gozaimasu) = Selamat atas kelulusannya

Okaerinasai = Selamat pulang (Diucapkan kepada seseorang yang pulang ke rumah

Bahasa Jepang Selamat Pagi dan Selamat Pulang
iwanai-okaeri.com

 

Tinggalkan komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.