Bahasa Jepang Terima Kasih Atas Kerja Samanya

Macam-macam Bentuk Ucapan Bahasa Jepang Terima Kasih dan Artinya

Bahasa Jepang Terima Kasih – Mengungkapkan rasa terima kasih merupakan hal yang sangat penting dilakukan ketika berada di Jepang. Sikap orang Jepang yang sopan dan gemar tolong-menolong telah melahirkan banyak kosakata dengan arti terima kasih yang diucapkan sesuai penggunaannya.

Orang Jepang sangat menyukai kalau ada seseorang mengucapkan terima kasih ketika diberi sesuatu. Dan Jika sudah kadung suka, Orang Jepang biasanya akan selalu baik terutama kepada orang asing seperti kita.

Jadi bagi yang ingin mempunyai banyak teman coba praktikan macam-macam bentuk ucapan Bahasa Jepang terima kasih yang akan saya jelaskan setelah kamu dengerin dulu lagunya Kokia yang berjudul arigatou di bawah ini!

Bahasa Jepang Terima Kasih

Untuk bentuk biasa/informal yang ditujukan kepada teman sebaya atau kepada seseorang yang usianya di bawah kita, cukup ucapkan “arigatou” saja jika ingin mengungkapkan rasa terima kasih. Dalam Bahasa Indonesia mungkin sama dengan kata “makasih”.

 

Bahasa Jepang Terima Kasih
listn.me

Bahasa Jepang Terima Kasih Banyak

Bentuk sopan dari “arigatou” yaitu “arigatou gozaimasu” yang artinya “terima kasih banyak”. Digunakan kepada orang tua, atasan atau ketika diberikan sesuatu oleh seseorang. Akan lebih baik lagi jika mengucapkannya sambil membungkukkan badan (ojigi).

 

Bahasa Jepang Terima Kasih Banyak
japanesian.id

Bahasa Jepang Terima Kasih Banyak yang Sebesar-besarnya

Kalau yang ini bentuk paling sopan dan panjang dari kata terima kasih. “Doumo Arigatou Gozaimasu” atau artinya kurang lebih adalah “Terima kasih banyak yang sebesar-besarnya”.

Bahasa Jepang Terima Kasih yang Sebenar-benarnya

Ada yang lebih sopan dari kata “arigatou gozaimasu” yang diucapkan secara resmi di pemerintahan, atau biasanya di pemberitahuan/announcement di supermarket, stasiun kereta api, dan lain-lain. Kalimatnya adalah “Makoto ni arigatou gozaimasu”.

“Makoto” adalah bentuk sopan dari kata “Hontou” yang artinya adalah “benar”. Jadi kamu juga bisa mengucapkannya dengan “Hontou ni arigatou gozaimasu”.

Bahasa Jepang Terima Kasih Banyak Besar
123rf.com

Bahasa Jepang Terima Kasih Doumo

Doumo adalah pengucapan terima kasih kepada teman akrab. Tidak bisa digunakan kepada orang tua ataupun dalam kegiatan resmi. Dalam penggunaannya kata “doumo” ini tidak hanya mengungkapkan terima kasih, tapi bisa juga permintaaf maaf seperti “doumo sumimasen“.

Bahasa Jepang Terima Kasih Kembali

Untuk mengucapkan Bahasa Jepang terima kasih kembali kamu bisa menggunakan kata “kochira koso arigatou (gozaimasu)”. Secara bahasa, kochira koso arigatou artinya “disini lah yang (harus) berterima kasih”. Kalimat ini digunakan ketika kedua belah pihak orang tersebut sama-sama merasa diuntungkan.

Misalnya ketika membeli makanan di minimarket. Jika pembeli mengucapkan “arigatou” maka sang kasir pun akan mengucapkan “kochira koso arigatou gozaimasu” karena merasa diuntungkan oleh kedatangan pembeli tersebut.

Bahasa Jepang Sama-sama

Nah untuk mengucapkan “sama-sama” dalam Bahasa Jepang gunakanlah “douita shimashite”. Kondisinya adalah ketika salah satu pihak diuntungkan dan pihak lainnya tidak diuntungkan. Contohnya ketika di kelas murid mengucapkan “arigatou gozaimasu” kepada gurunya dan sang guru cukup menjawab “douita shimashite”.

Bahasa Jepang Terima Kasih dan Sama sama
slideshare.net

Bahasa Jepang Terima Kasih Atas Kerja Samanya

“Otsukaresamadesu” adalah kata yang biasa diucapkan di tempat kerja sebagai bentuk terima kasih telah bekerja membantu kita. Kata ini berasal dari kata “tsukare” yang artinya lelah/capai. Jika kepada rekan kerja yang jabatannya sama dengan kita, cukup ucapkan “Otsukaresama” atau “Otsukare” saja.

Bahasa Jepang Terima Kasih Atas Kerja Samanya
youtube.com

Bahasa Jepang Terima Kasih Atas Hidangannya

Ketika kita dijamu oleh seseorang, untuk mengekspresikan rasa terima kasih karena sudah diberi hidangan adalah dengan mengucapkan “gochisou sama deshita” yang artinya terima kasih banyak atas hidangan/jamuannya.

Bahasa Jepang Terima Kasih Atas Kerja Samanya
somethingjapanese.com

Bahasa Jepang Terima Kasih Atas Bimbingannya

Kata ini biasanya diucapkan kepada guru atau kepada atasan ketika kita sudah pensiun/resign dari perusahaan tempat kita bekerja. Pelafalannya yaitu “Iro iro osewani narimasu” yang artinya “terima kasih banyak atas segala macam bimbingannya”.

Bahasa Jepang Terima Kasih Atas Bimbingannya
punipunijapan.com

Bahasa Jepang Terima Kasih Tulus Dari Hati Saya

Kalimat ini digunakan ketika benar-benar bersyukur dan berterima kasih karena harapannya telah terwujud. Misalnya ketika kamu merayakan acara perpisahan atau acara ulang tahun. Ucapkanlah kalimat “kokoro kara kansha shimasu” yang artinya terima kasih tulus dari hati saya.

Bahasa Jepang Terima Kasih Dari Hati
youtube.com

Bahasa Jepang Terima Kasih Atas Perhatiannya

Dipakai pada saat kita berbicara dan ditujukan kepada audien yang menyimak pembicaraan kita. Bahasa Jepangnya adalah “chuui shite kudasari, arigatou gozaimasu” yang artinya terima kasih banyak atas perhatiannya.

Bahasa Jepang Terima Kasih Atas Keramahannya

Apabila kita menemukan orang Jepang yang baik dan cara bicaranya yang sopan, ucapkanlah “go shinsetsu arigatou gozaimasu” yang artinya terimakasih atas keramahannya. “Shinsetsu” dalam Bahasa Indonesia adalah “ramah”.

Bahasa Jepang Terima Kasih Gaul

Bahasa Jepang Terima Kasih Gaul
39project.jp

Anak remaja di Jepang memang sering membuat istilah-istilah unik dan nyeleneh termasuk membuat kata terima kasih dalam bahasa gaul. Karena Orang Jepang buruk dalam pelafalan Bahasa Inggris, mereka tidak bisa menyebutkan kata “thank you” dan dipelesetkan menjadi “sankyuu”.

Jadilah kata “sankyuu” ini kata ganti untuk mengucapkan terima kasih. Dalam penulisannya juga selalu diwakili hanya dengan angka 39. Sebagaimana kita tahu, 3 dalam Bahasa Jepang disebut “san” dan 9 disebut”kyuu”.

Bahasa Jepang Terima Kasih “Ookini”

“Ookini” adalah terima kasih dalam bahasa daerah kansai (kansai ben) yang meliputi kyoto, oosaka, dan lain-lain. Sebagai jaga-jaga saja, jika suatu saat kamu main ke kyoto atau oosaka kamu bisa mengucapkan kata “ookini” ini kepada orang sana.

Bahasa Jepang Terima Kasih Daerah Osaka
indoneisan.fun-japan.com

Bentuk-bentuk Bahasa Jepang Terima Kasih Lainnya

A. Gokurousama deshita – Terima kasih atas bantuannya
Adalah bentuk kasar dari “Otsukaresamadesu” yang diucapkan hanya kepada rekan kerja yang sederajat, teman atau bisa saja seseorang yang lebih muda usianya dari kita.

B. Setsumei shite kudasatte, arigatou gozaimasu – Terima kasih atas Penjelasannya

Dipakai ketika kita menerima keterangan, memberikan pertanyaan ketika belajar, atau segala sesuatu yang membuat kita menjadi paham atas penjelasannya.

C. Anata no goshinsetsu wa wasuremasen – Saya tidak akan melupakan kebaikan anda
Sedikit agak lebay, hehehe. Sebenarnya ini ungkapan ketika kamu benar-benar sangat berterima kasih karena telah dibantu oleh orang lain.

D. Taihen tasukarimashita. Kansha no kotoba mo arimasen – Benar-benar terbantu, Tak ada kata-kata yang dapat mengungkapkan rasa terima kasih saya.

E. Nan to orei o itte ii ka wakarimasen – Saya tidak tahu harus berkata terima kasih seperti apa kepada anda

F. Kokoro kara orei o moushiagemasu – Saya ucapkan terima kasih dari lubuk hati yang paling dalam

G. Yoroshiku Onegaishimasu – Terima kasih sebelumnya, mohon bimbingannya

H. Arigatou, zuibun tasukarimashita – Terima kasih, sangat banyak tertolong

I. Goshoutai Arigatou Gozaimasu – Terima kasih atas undangannya

J. Ohoneori hontouni arigatou gozaimashita – Terima kasih atas usaha dan doa anda

K. Goshinsetsu wa shinde made mo wasuremasen – Sampai mati pun saya tak akan melupakan kebaikan anda

Itulah beberapa ucapan Bahasa Jepang terima kasih yang bisa kamu praktikan pada saat berbicara dengan orang Jepang. Pelajari terus Bahasa Jepang sampai kamu benar-benar mahir berbicara dengan Orang Jepang.

Arigatou Gozaimashita !

 

Tinggalkan komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.