Belajar Huruf Kanji

Mengenal Huruf dan Belajar Kanji Jepang Serta Cara Membacanya

Belajar Kanji – Jepang memiliki 3 cara penulisan yang biasa digunakan yaitu tulisan hiragana, tulisan katakana, dan yang paling sulit dipelajari adalah tulisan kanji. Tulisan hiragana digunakan hanya untuk kata-kata asli bahasa Jepang sementara tulisan katakana dipakai untuk menyebut kata-kata serapan dan istilah asing.

Belajar Kanji
japankid26.wordpress.com

Belajar Kanji Jepang Untuk Pemula

Kanji sendiri jumlahnya ada ribuan dan masih terus berkembang setiap tahunnya. Tulisan ini sebenarnya berasal dari Tiongkok yang kemudian di adaptasi oleh Jepang sebagai cara baca yang sederhana. Ada 2 macam cara baca huruf kanji yaitu “kunyomi” dan “onyomi”.

Belajar Kanji
kakumenulis.com

Cara Menulis Kanji

Kunyomi (訓読み) adalah cara baca Jepang dan Onyomi (音読み) adalah cara baca serapan Tiongkok.  Contohnya Kanji 水 (air) jika dalam Bahasa Tionghoa dibaca “Shui”. Dalam Bahasa Jepang,  kanji dari kata air ini dibaca dengan cara baca onyomi menjadi “Sui” sedangkan cara baca kunyomi nya adalah “mizu”.

Belajar Kanji
kakumenulis.com

Biasanya, cara baca onyomi ini dipakai jika beberapa huruf kanji bergabung menjadi satu kata contohnya kosakata 水曜日(Suiyoubi) yang artinya hari selasa sedangkan cara baca kunyomi biasanya digunakan untuk kanji yang bisa berdiri sendiri dan umumnya selalu diikuti dengan okurigana (huruf hiragana yg mengikuti huruf kanji) contohnya kosakata 美しい (Utsukushii) yang artinya indah.

Belajar Kanji
kakumenulis.com

Huruf Jepang Kanji

Orang Jepang sendiri tidak semuanya memahami tulisan kanji ini karena saking banyak bentuknya. Makanya, sejak usia dini, ada pelajaran kanji di sekolah-sekolah Jepang. Saya pun selama kurang dari 4 tahun mempelajari kanji namun masih banyak sekali yang belum bisa dikuasai. Jika diibratkan orang Jepang, mungkin kemampuan kanji saya masih selevel dengan anak SD di Jepang.

Belajar Kanji
kakumenulis.com

Biasanya kelemahan orang non Jepang yang mempelajari kanji adalah bisa membaca kanji tersebut namun tidak bisa menuliskannya. Karakter huruf kanji yang rumit dan unik mungkin menjadi penyebabnya. Sebagaimana kita tahu orang Tiongkok membuat huruf kanji berdasarkan bentuk dari benda tersebut.

Belajar Kanji
kakumenulis.com

Misalnya kanji 山(Yama) yang artinya gunung. Jika dilihat dari bentuknya, kanji tersebut seperti menggambarkan bentuk gunung yang sebenarnya. Contoh lain misalnya kanji 川 (Kawa) yang artinya sungai. Sekilas nampak seperti gambar aliran sungai bukan?.

Belajar Kanji
kakumenulis.com

Tips Mudah Mempelajari Huruf Kanji

Bagi anda yang berminat mempelajari huruf kanji, berikut akan dipaparkan tips & trik mempelajari huruf kanji yang sangat sederhana untuk dipraktikan.

1. Setiap Benda yang Ditemui, Tulis Kanjinya !

Cara ini terbukti ampuh dan efektif untuk mempercepat kita menghafal huruf kanji. Contohnya ketika kita sedang berada di sebuah rumah makan dimana disana terdapat beberapa jenis barang seperti misalnya piring. Tulis kanji dari kata “piring” di buku catatan kecil anda. Contoh lainnya misalnya kanji 本 (Hon) yang artinya buku. Tulis pada sesobek kertas lalu letakkan di dekat buku tersebut. Lakukkan cara ini pada benda yang lain juga.

belajar Kanji
kakumenulis.com

2. Menulis 10 Kanji/Hari

Sediakan buku catatan khusus dan tulis 10 kanji dari 10 kata yang berbeda setiap harinya. Tulislah secara berulang-ulang minimal 20 kali sampai anda benar-benar mampu menghafalnya. Jika kita bisa menulis kanji sudah pasti kita dapat membacanya, tapi bisa membaca kanji belum tentu kita mampu menuliskannya. Benar kan?

Belajar Kanji
kakumenulis.com

3. Manfaatkan Smartphone & Komputer

Ada banyak sekali aplikasi yang tersedia di internet guna membantu anda mempelajari kanji dengan cepat. Jenis aplikasi biasanya berbentuk kuis-kuis seputar kanji. Aplikasi ini memuat kanji-kanji berdasarkan urutan level JLPT dari mulai yang termudah sampai yang paling sulit.

Aplikasi yang biasa saya gunakan di smartphone dan laptop saya adalah Zkanji, Obenkyo, Wakan, dan JA Sensei. Cara ini juga terbukti efektif karena anda bisa belajar dimana dan kapan saja melalui smartphone. Seperti ketika di dalam kendaraan umum atau ketika menunggu sesuatu.

Belajar Kanji
kakumenulis.com

Untuk sampai pada tingkat mahir menguasai kanji, memang dibutuhkan waktu yang panjang. Namun belajarlah dari mulai yang terkecil seperti mempelajari kanji-kanji sederhana. Tetap Berjuang dan Ganbatte Kudasai !

 

3 pemikiran pada “Mengenal Huruf dan Belajar Kanji Jepang Serta Cara Membacanya”

Tinggalkan komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.