Belajar Menggambar Anime Pemula

Belajar Menggambar Anime Jepang Buat Pemula, Dijamin Langsung Bisa

Belajar Menggambar AnimeAnime (アニメ) dalam Bahasa Indonesia adalah kartun yaitu sebuah animasi khas Jepang yang ditampilkan dalam macam-macam tokoh dan alur cerita. Saat ini kepopuleran anime Jepang sudah tersebar ke seluruh dunia.

Anime sendiri dipengaruhi oleh gaya gambar dalam manga, yaitu komik khas Jepang yang sudah mendunia. Nah, pada kesempatan kali ini akan dibahas mengenai langkah mudah belajar menggambar anime untuk pemula. Sebelumnya baca dulu ulasan tentang 23+ oleh oleh khas Jepang yang unik dan aneh

Belajar Menggambar Anime dan Sejarah Anime di Dunia

Belajar Menggambar Anime
myanimelist.net

Anime saat ini banyak dipakai pada pembuatan serial televisi, video game, komersial dan situs-situs internet. Semakin ke sini, kepopuleran anime semakin tinggi. Banyak anime yang diadaptasi dari komik Jepang (manga).

Awal mula lahirnya anime yaitu pada abad ke 20 ketika para movie maker membuat eksperimen teknik animasi yang telah ada di negara Amerika, Jerman, Perancis dan Rusia. Di Jepang sendiri Shimokawa Bokoten, Kitayama Seitaro dan Koichi Junichi melakukan eksperimen pertama pada tahun 1913.

Lalu terobosan selanjutnya dibuat oleh Oten Shimokawa yang membuat karya film anime pendek berdurasi hanya 5 menit yang berjudul Genkaban no Maki pada 1917.

Anime ini menceritakan tentang seorang samurai yang menjajal pedang katana miliknya pada sebuah target. Pada masa itu Oten membutuhkan waktu kurang lebih 6 bulan untuk menyelesaikan animasi yang masih berupa “film bisu” tersebut.

Karya Oten lalu diikuti oleh Seitaro Kitayama yang membuat film Saru kani kassen dan Momotaro pada tahun 1918 yang diciptakan oleh perusahaan film Nihon Katsudo Shashin (Nikatsu). Selalng beberapa waktu kemudian Seitaro kembali membuat film anime berjudul taro no banpei. Namun catatan mengenai film tersebut hilang akibat gempa bumi Tokyo 1923 silam.

Sejarah Anime di Indonesia

Belajar Menggambar Anime Pemula
wall.alphacoders.com

Untuk pertama kalinya anime masuk ke negara Indonesia pada awal tahun 80-an dalam format video kaset. Namun tahun berikutnya perkembangan anime di Indonesia mengalami kemunduran seiring berakhirnya zaman mesin video beta akhir 80-an.

Stasiun televisi banyak yang menayangkan animasi produksi Amerika dan Eropa yang dipercaya mudah populer. Pertengahan tahun 90-an anime khas Jepang bangkit kembali dan merajai pasar anime di Indonesia.

Stasiun TV mulai gencar menayangkan anime yang mungkin familiar di telinga anak zaman 90-an seperti sailor moon, saint seiya, dragon ball, magic girls, dan lain-lain. Semua mendapat respon positif dari pecinta anime di Indonesia terutama anak-anak.

Lalu pada dekade 2000-an anime Jepang semakin berjaya dengan hadirnya pokemon, crayon shinchan, doraemon dan lain-lain. Hal ini bisa dilihat ketika hari minggu hampir seluruh stasiun TV menayangkan anime Jepang.

Langkah Membuat Anime

Langkah untuk dapat membuat gambar manga adalah kita harus mengerti dan paham benar mengenai seluk-beluk anatomi wajah. Sebelum memulai menggambar karakter manga, Alangkah baiknya kita kuasai poin-poin dasar mengenai langkah menggambar wajah :

  1. Jarak antara mata ke mata adalah satu mata
  2. Peletakan hidung kira-kira satu setengah bagian dari ukuran mata
  3. Penempatan bagian atas bibir adalah sekitar setengah bagian dari ukuran mata.

Apabila telah memahami poin-poin dasar dalam menggambar wajah selanjutnya ayo mulai menggambar karakter anime dengan teknik yang cukup mudah dan dijelaskan dengan cara yang  mudah pula.

Belajar Menggambar Anime Bentuk Wajah Sederhana

Ada 3 Langkah untuk membuat untuk membuat bentuk wajah yang paling sederhana dan harus anda kuasai yaitu :

1. Membuat Pola Lingkaran

Langkah pertama belajar menggambar anime adalah membuat wajah tampak depan dengan bentuk pola lingkaran dan membuat kedua alis seperti pada gambar berikut : Jangan lupa tambahkan juga garis bantu untuk memudahkan proses menggambar.

Belajar Menggambar Anime Dasar
j-cul.com

2. Membentuk Pola Dasar Alis Mata

Bentuk pola dasar mata yang berada tepat di bawah alis, Tambahkan gambar hidung dan bibir dengan jarak yang tidak terlalu berdekatan. Setelah semua selesai gambar juga bentuk rambut seperti gambar di bawah ini :

Cara Mengambar Anime
j-cul.com

3. Penebalan Warna

Setelah sketsa wajah terbentuk, anda dapat melakukan penebalan gambar agar tampak nyata dengan menggunakan spidol  atau drawing pen. Contohnya seperti di bawah ini :

Cara Menggambar Anime
j-cul.com

Cukup sederhana bukan? Baik selanjutnya anda harus tahu macam-macam bentuk dan cara menggambar mata, rambut, kepala, dan mulut dalam anime.

Belajar Menggambar Anime Bentuk Mata

Ada beberapa macam bentuk mata yang bisa diaplikasikan ketika belajar menggambar anime. Semuanya mempunyai tingkat kesulitan yang berbeda-berbeda. Contohnya seperti ini :

Belajar Mengambar Anime
comiteq.blog.fc2.com

2. Bentuk Rambut

Agak sulit untuk membuat rambut dalam anime, namun bisa diakali dengan cara membuat rambut dengan gumpalan yang sederhana seperti berikut ini

Belajar Mengambar Anime
japanesian.id

Jika ingin menggambar karakter rambut perempuan, cobalah gambar-gambar di bawah ini :

Belajar Mengambar Anime
j-cul.com

3. Mulut

Mulut mempunyai peran penting dalam pembuatan manga, bentuk dan ekspresi mulut harus sesuai dengan ekspresi muka itu sendiri. Adapun ekspresi mulut yang sering digunakan adalah :

Belajar Mengambar Anime Mulut
j-cul.com

4. Kepala

Langkah membuat kepala sangat mudah dan bisa digambar oleh siapa saja, pertama yaitu membuat  lingkaran dengan satu garis vertikal dan dua garis horizontal seperti ini :

Belajar Mengambar Anime Muka
j-cul.com

Selanjutnya tambahkan garis miring kerucut seperti di bawah ini :

Belajar Mengambar Anime Muka 2
j-cul.com

Langkah ketiga yaitu menggambar bagian dagu yaitu dengan cara seperti ini. Jangan terlalu panjang dan jangan terlalu ke bawah.

Belajar Mengambar Anime Muka 3
j-cul.com

Garis melengkung yang berada di bawah alis adalah garis bantu untuk membuat mata. Jenis mata yang digunakan bisa anda pilih pada macam-macam mata seperti yang ditampilkan pada bagian sebelumnya.

Belajar Mengambar Anime Muka 4
j-cul.com

Jika telah selesai, proses selanjutnya anda bisa mengambar bentuk-bentuk seperti di bawah ini. Lakukan kreasi sebanyak mungkin untuk mendapatkan karakter manga lainnya.

Belajar Mengambar Anime wajah
j-cul.com

Bagaimana? cukup sederhana bukan menggambar karakter anime dengan cara seperti ini! Segera ambil alat tulis anda dan coba praktikkan sekarang juga !

Semoga artikel ini bermanfaat, kritik, saran dan pertanyaan dapat anda layangkan pada kolom komentar di bawah.

Arigatou Gozaimasu!

4 pemikiran pada “Belajar Menggambar Anime Jepang Buat Pemula, Dijamin Langsung Bisa”

Tinggalkan komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.