Festival Bunga Sakura

Pemandangan Bunga Sakura Terindah di Jepang

Salah satu momen yang ditunggu-tunggu para turis asing yang berkunjung ke Jepang adalah menyaksikan keindahan bunga sakura yang hanya mekar pada musim semi saja. Di negara Jepang ini sakura memang tumbuh lebat di setiap tempat seperti di pinggir jalan dan di taman kota. Namun sangat disayangkan bunga ini hanya mekar kurang dari 2 minggu saja karena setelah itu mereka akan kembali berguguran.

Bunga Sakura 2016
Berfoto diantara Bunga Sakura, 2016

Filosofi Bunga Sakura

Bunga Sakura adalah simbol dari negara Jepang dan juga bunga keramat bagi orang Jepang. Bunga indah berwarna pink dan putih ini sangat dinanti-nanti kehadirannya oleh seluruh masyarakat Jepang karena mekarnya bertepatan dengan musim semi yang sangat indah dan hangat

Bunga Sakura
Toyota City, 2016

Kunjungi: Jual Rumput Sintetis

Arti Bunga Sakura

Ketika musim semi, sekolah-sekolah membuka tahun ajaran baru, perusahaan-perusahaan pun biasanya melakukan perekrutan karyawan. Musim semi memberikan gairah dan semangat baru bagi masyarakat Jepang untuk memulai hidup. Keharuman pohon sakura menambah suasana musim semi menjadi lebih indah.

Bunga Sakura di Okazaki Kouen
Hanami 2016, Okazaki Kouen

Bunga Sakura di Jepang

Bunga Sakura (桜) atau dalam Bahasa Inggris dikenal dengan sebutan Cherry Blossom adalah lambang pembaharuan dan harapan negara Jepang. Selama waktu mekarnya bunga sakura ini, ada sebuah tradisi yang disebut Hanami (花見) yaitu aktifitas dimana sekelompok orang berpiknik tepat di bawah pohon sakura sambil menikmati suasana bersama bunga sakura.

Bunga Sakura
Kegiatan Hanami di Jepang

Ada banyak tempat menarik untuk menyaksikan bunga sakura bermekaran dengan lebat seperti di Tokyo ada Ueno Park, di Nagoya ada Nagoya Castil, atau di Kyoto kita bisa berkunjung ke Kinkakuji. Ada acara “Cherry Blossom Front” atau “Sakura Zensen” yang disediakan oleh badan meteorologi negara Jepang yang bisa memprediksi perkembangan mekarnya bunga sakura dari seluruh penjuru Jepang.

Perkembangan Bunga Sakura di Wilayah Jepang
japantimes.co.jp

Pohon Bunga Sakura

Jadi sebelum berencana pergi menyaksikan bunga sakura ke suatu tempat, anda harus memastikan apakah tempat tersebut sakura sudah bermekaran. Biasanya daerah Jepang bagian bawah sakura bermekaran terlebih dahulu baru kemudian lanjut ke Jepang bagian atas.

Bunga Sakura di Ueno Kouen
hi-no-moto.com

Kegiatan Hanami ini selain dilakukan pada siang hari, ada juga yang melakukannya pada malam hari dengan istilah yozakura (夜桜) atau sakura pada malam hari. Pohon-pohon sakura biasanya dihiasi dengan lentera menyala yang terbuat dari kertas. Hal ini menambah pemandangan semakin indah dan romantis.

Yozakura atau bunga sakura di malam hari
photozou.jp

Konsumsi Bunga Sakura

Di Jepang banyak produk makanan dan minuman menggunakan perasa sakura. Aroma khasnya yang wangi membuat orang Jepang berinovasi meracik makanan yang dipadukan dengan daun atau bunganya. Daun dan bunga sakura ini biasanya direndam dalam air yang dicampur dengan garam (shiozuke) dan kemudian dimanfaatkan untuk perasa makanan karena baunya yang harum.

Makanan Bunga Sakura
aissy.co.jp

Ada juga kue bernama Sakuramochi yaitu penganan mochi yang dibalut dengan daun dari pohon sakura. Selain itu ada snack dan es krim rasa sakura, teh bunga sakura yang diminum ketika momen istimewa seperti pesta pernikahan.

produk dari bunga sakura
mognavi.co.jp

Buah dari Pohon Sakura

Pohon Sakura juga bisa berbuah yang disebut sakuranbo (さくらんぼ) atau buah cherry. Meskipun dinamakan buah cherry, namun buah dari pohon sakura ini tidak bisa dikonsumsi karena ukurannya kecil dan rasanya tidak enak.

Buah Bunga Sakura
honyaku-j.server.com

Penyakit Kafunshou (花粉症)

Kafunshou adalah penyakit yang datang di musim semi pada saat sakura bermekaran. Bisa dikatakan ini adalah alergi yang diderita sebagian orang di Jepang dimana jika mereka menghirup serbuk sari dari bunga sakura yang berterbangan ketika akan rontok, ada gejala-gejala seperti mata menjadi merah, badan gatal, dan demam. Banyak yang memakai masker ketika musim semi tiba karena untuk menghindari penyakit ini.

Kunjungi: Jual Sambal Pecel

Sesuai huruf kanjinya, kafunshou memiliki arti yaitu penyakit yang disebabkan oleh serbuk dari bunga. Kafunshou (花粉症) terdiri dari 3 buah kanji yaitu 花 (ka) yang artinya bunga 粉(fun) adalah serbuk/bubuk , dan 症(shou) adalah penyakit.

Kunjungi: Jual Rumput Sintetis

Kafunshou
Kafunshou (dibaca : kafungshoo)

Gambar Bunga Sakura

Berikut akan ditampilkan kumpulan gambar pemandangan sakura dari berbagai tempat di seluruh Jepang yang tentunya akan membuat anda ingin segera mengunjungi Jepang.

kereta dan bunga sakura bung sakura Bunga sakura di sekitar Jembatan bunga sakura Bunga sakura Bunga sakura bunga-sakura-5 bunga-sakura-4 bunga-sakura-2

Tinggalkan komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.