Cara Membuat Paspor Online Ambil

Tips Cara Membuat Paspor Online Mudah dan Gak Ribet

Cara membuat paspor online tentunya lebih praktis dan mudah. Apalagi di zaman yang serba teknologi ini banyak masyarakat yang sudah mempunyai smartphone, jadi kesan dalam membuat paspor yang berbelit-belit dan harus bolak-balik datang ke imigrasi mestinya sudah terpecahkan.

Cara Membuat Paspor Online

Terobosan pihak Direktorat jenderal Imigrasi Kementrian Hukum dan Ham dalam membuka layanan Pendaftaran Paspor Secara Online semakin memudahkan dan memangkas waktu lebih banyak bagi kamu kamu yang ingin membuat paspor, karena kamu cukup pergi ke imigrasi 2 kali saja, disaat pemeriksaan berkas dan pengambilan paspor. Lantas bagaimana cara membuat paspor online itu?

1. Masukkan Data Pribadi di Website Ditjen Imigrasi RI

Cara Membuat Paspor Online
maxmanroe.com
  • Siapkan berkas yang dibutuhkan untuk membuat paspor, seperti fotokopi KTP, fotokopi Kartu Keluarga, fotokopi surat nikah/ijazah/akte kelahiran. Setelah semuanya siap, scan berkas-berkas tersebut menjadi file Jpeg dan yang perlu diketahui gambar harus hitam putih.
  • Kemudian bukalah website Ditjen Imigrasi RI www.imigrasi.go.id, arahkan kursor kamu ke katagori Layanan Publik lalu klik Layanan Online, seperti yang tertera di bawah ini.
  • Disana akan ada berbagai pilihan menu. Namun untuk kamu yang sedang membuat paspor baru pilihlah Pra Permohonan Personal.
  • Sekarang waktunya untuk mengisi identitas diri. Pada kolom Jenis Permohonan > pilihlah keterangan Baru – Paspor Biasa. Sedangkan untuk Jenis Paspor > pilihlah 48H Perorangan. Paspor jenis ini untuk kategori umum dan semua orang bisa memilikinya dengan masa berlaku 5 tahun. Sedangkan 24H, paspor khusus yang diperuntukkan bagi orang yang ada kepentingan di luar negeri, seperti umrah, haji, tenaga kerja Indonesia dan lain sebagainya dengan masa berlaku berlaku 3 tahun. Selanjutnya di kolom idenditas, kamu bisa mengisinya sesuai berkas yang sudah disiapkan.
  • Setelah permohonan paspor baru dan data diri dilengkapi, di halaman berikutnya kamu akan disuruh memasukkan folder gambar seperti KTP, Kartu keluarga, dan salah satu dari Akte Nikah/Ijazah/Akte Kelahiran. Ingat, perhatikan urutannya dan jangan sampai tertukar. Jika sudah klik tombol Lanjut.
    Pada halaman selanjutnya, akan muncul pilihan alamat kantor imigrasi dan tanggal pengajuan. Nah, pilihah kantor imigrasi terdekat sekaligus waktu yang sudah ditentukan. Jika sudah klik Lanjut.
  • Sekarang masuk ke tahap verisifikasi kode chapta. Isilah kode tersebut dengan benar kemudian klik ok.
    Ketika kamu melihat tampilan seperti di bawah ini, klik link “Bukti permohonan”, link tersebut akan mengarahkan ke halaman “Tanda Terima Pra Permohonan”. Seletah menerima tanda terima pra permohonan, print surat tersebut sebagai berkas yang dibawa ke kantor imigrasi dan pembayaran di bank.

2. Proses Pembayaran

Cara Membuat Paspor Online Bayar
sekedarinfo.com

Nah, tiba saatnya kita ke proses pembayaran paspor. Sekarang pembayaran sudah tidak seribet dahulu yang semuanya harus di kantor imigrasi, belum lagi kalau sedang antri panjang dan waktu jam kerja yang tidak terlalu banyak, pasti pusing banget.

Yang kamu lakukan adalah membawa surat tanda terima pra permohohan yang sudah di print tadi ke bank BNI terdekat. Serahkan surat tersebut ke CS Bank dan kamu bisa langsung membayar registrasinya.

Oh ya, slip tanda pembayaran jangan sampai hilang, karena nanti akan di serahkan bersama berkas yang dikumpulkan di kantor imigrasi.

Verifikasi Data di Kantor Imigrasi

  • Datanglah di hari yang sudah kamu tetapkan ketika submit online
  • Sangat disarankan untuk datang lebih pagi, agar mendapatkan antrean awal
  • Bawa berkas asli sekaligus fotokopi seperti, KTP, Kartu Keluarga, salah satu dari Surat Nikah/Ijazah/Akte Kelahiran dan slip tada bukti pembayaran
  • Ambil formulir yang sudah disediakan gratis oleh pihak imigrasi. Kamu bisa mengisinya sambil menunggu dipanggil
  • Setelah menyerahkan berkas identitas diri, tunggu untuk tahap foto dan wawancara
  • Sangat disarankan berpakaian rapi dan sopan
  • Setelah semuanya dipenuhi kamu tinggal menunggu pengambilan paspor

3. Pengambilan Paspor

Cara Membuat Paspor Online Ambil
travelhajiumroh.web.id

Ketika kamu sudah lolos ditahap wawancara dan dianggap layak, nanti pihak imigrasi akan memberi tahu kapan paspor akan diambil. Menurut pengalaman banyak orang, biasa 3 hari setelah proses pengajuan. Mengambilnya pun juga tidak sulit, cukup menyerahkan slip pembayaran, menunggu dipanggil CS imi

Tinggalkan komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.