visa

Syarat dan Cara Membuat Visa yang Mudah dan Praktis

Pembuatan visa merupakan hal yang sangat menyita waktu ketika kamu berniat bepergian ke luar negeri. Perlu diketahui bahwa cara membuat visa setiap negara berbeda, tergantung kebijakan pemerintah negera yang akan kita tuju.

Namun ada beberapa syarat umum yang terdapat pada proses pembuatan visa tersebut. Berikut diantaranya syarat umum membuat visa.

Cara Membuat Visa : Paspor

 

pasport
alfabetaedu.in

Syarat wajib dalam pembuatan visa, yaiyalah karena visa tertempel pada lembaran buku paspor kalau tanpa paspor visanya mau ditaruh dimana 😀 ? Umumnya paspor yang akan diajukan untuk dibuatkan visa mempunyai batas minimal, biasanya 6 bulan sebelum paspor tersebut habis. Pun permohonan pembuatan visa 3 bulan sebelum kamu terbang ke negara tujuan.

Formulir Online

Cara Membuat Visa
waytorusia.net

Perubahan zaman mempermudah pengajuan formulir pembuatan visa. Formulir online bisa kita dapatkan di website kedutaan besar perwakilan dari negara yang akan kita tuju. Data pengisian formulir online pengajuan visa haruslah benar sebagaimana mestinya, agar tidak ada masalah kedepannya.

Tanpa adanya pengisian formulir online pengajuan visa ini, kamu tidak akan bisa membuat visa. Umumnya berkas akan dikembalikan dan tidak ditangani. Jadi sebaiknya isi data dengan lengkap tanpa ada satupun form yang terlewat.

Bukti Pembayaran Visa

Cara Membuat Visa Bukti
christinberlina.com

Syarat selanjutnya cara membuat visa adalah bukti pembayaran dari visa yang akan kita bikin. Tujuan pembayaran visa adalah sebagai biaya administrasi yang harus kamu lunasi. Harga visa sendiri tergantung dari negara tujuan, berapa lama kamu akan tinggal di negara tersebut. Yang jelas bukti dari pembayaran visa tersebut jangan sampai hilang.

Pas Foto

Cara Membuat Visa Foto
christinberlina.com

Pas foto adalah hal wajib yang harus kamu persiapkan sebagai syarat pembuatan visa. Pas foto yang dipersiapkan berbeda dari negara satu ke negara lainnya. Sebaiknya persiapkan pas foto berlebih dengan berbagai ukuran.

Foto yang akan disetorkan haruslah jelas, tidak boleh miring, dengan mata lurus kedepan, dua daun telinga harus terlihat. Tidak diperkenankan rambut menutupi wajah, untuk yang berjilbab asal rapi tidak menjadi masalah. Foto tidak boleh sambil tersenyum atau deretan gigi terlihat. Laiknya foto resmi. Gunakan fotografer profesional untuk membuatnya terlihat real.

Bukti Keuangan

Cara Membuat Visa Bukti Uang
uniq-ang.blogspot.com

Syarat lain dalam pengajuan pembuatan visa adalah foto copy bukti keuangan kamu. Dengan adanya bukti keuangan ini kamu bisa meyakinkan pihak kedutaan besar negara tujuan, bahwa kamu nantinya mempunyai biaya hidup selama berada disana. Bukti keuangan bisa dilihat dari slip gaji atau dari fotokopi buku tabungan bank yang kamu miliki.

Jangan sampai ada yang mencurigakan dalam bukti keuangan tersebut, semisal adanya aliran uang dalam jumlah besar yang tiba tiba masuk rekening kamu. Usahakan aliran uang masuk ke rekening lancar. Seminimalnya tiga bulan terakhir.

Jika kamu pergi keluar negeri karena undangan, maka kamu tidak perlu repot menyerahkan bukti keuanganmu, tetapi tentu saja bukti keuangan pihak pengundang tetap dibutuhkan. Hal ini tentunya jauh lebih mudah.

Surat Keterangan Kerja

Untuk kamu yang hendak keluar negeri karena alasan pekerjaan. Maka kamu harus menyiapkan surat keterangan kerja dari perusahaan yang nantinya akan mempermudah kamu dalam pembuatan visa. Jika kamu masih masa sekolah atau berstatus mahasiswa, sertakan keterangan tersebut.

Karena pada dasarnya untuk kamu yang masih terlalu muda termasuk dalam kategori rentan menjadi ilegal. Dan ditakutkan para wisatawan muda tersebut akan menetap tinggal di negara tujuan, meski masa berlaku visa telah habis. Karena visa kerja berbeda dengan visa liburan.

Jika kamu hendak keluar negeri dan belum mempersiapkan syarat diatas, sebaiknya segera persiapkan semua syarat diatas untuk mempermudah dan mempercepat proses pembuatan visa. Jika syarat syarat wajib tersebut terpenuhi tentunya proses dan perjalanan kamu ke luar negeri lebih mudah.

Tinggalkan komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.