5 Gunung Tertinggi di Dunia Yang Tak Patut Didaki

Gunung adalah salah satu keindahan yang ada di bumi ini, di Indonesia sendiri banyak sekali gunung-gunung yang memiliki pemandangan yang luas biasa. Namun kali ini saya tidak akan membahas tentang gunung di Indonesia melainkan gunung tertinggi di dunia.

Jika kamu seorang pendaki sejati, kamu harus tahu dong informasi semacam ini. Untuk lebih lanjut mari kita simak bersama penjelasan berikut ini mengenai 5 gunung tertinggi di Dunia.

Gunung Tertinggi di Dunia Everest

Gunung Tertinggi di Dunia
adventurehowstuffworks.com

Sudah tak asing lagi mendengar gunung everest ini menjadi gunung tertinggi nomor satu di Dunia, gunung everest memiliki ketinggian hingga 8.850 meter diatas permukaan laut. Menurut berita yang tersebar puncak gunung everest pernah di taklukan pada tahun 1953.

Dikatakan bahwa orang yang pertama mencapai pucak terebut adalah Tenzing Norgay dan Edmund Hillary tepatnya pada tanggal 28 mei. Namun sekarang sudah banyak yang mencapai dan berdiri di puncak everest tersebut.

Banyak berita yang beredar juga mengenai gunung tertinggi di dunia ini, mulai dari menurunnya ketinggian gunung everest karena pemanasan global hingga berita yang mengatakan terus bertambah tinggi seiring pergerakan tektonik.

Gunung Godwin Austen

Gunung Tertinggi di Dunia 2
pakistanconnections.com

Gunung tertinggi di dunia selanjutnya adalah gunung yang memiliki wilayah antara Pakistan dan China, gunung ini bernama godwin austen. Gunung gondwin austen memiliki ketinggian 8.611 meter di atas permukaan laut.

Gunung godwin sudah bisa di capai puncaknya apda tahun 1954 oleh Lini Lacedelli dan Acheli Compagnoni tepatnya pada tanggal 31 Juli. Meskipun ketinggiannya di bawah gunung everest, gunung godwin memiliki tingkat kesulitan yang lebih hebat dibandingkan gunung everest.

Diberitakan juga pada tahun 2004 lalu ada sekiranya 246 orang yang mencapai gunung godwin, namun di kabarkan juga terdapat sekurangnya 56 orang meninggal ketika mencoba untuk mencapai gung yang mempunyai istilah savage mountai yang berarti gunung kejam.

Gunung Kangchenjunga

Gunung Tertinggi di Dunia Kanchenjunga
highhimalayan.com

Gunung tertinggi ketiga di dunia selanjutnya adalah kangchenjunga dengan ketinggian 8.586 meter di atas permukaan laut. Gunung ini masuk kedalam pengunungan Himalaya yang terletak di Nepal dan India, gunung kangchenjunga juga mempunyai sebutan lain yaitu, sewakungma.

Pencapaian pertama gunung ini pada tahun 1995 oleh Joe Brown dan George Band pada tanggal 25 mei. Selain menjadi gunung tertinggi ketiga di dunia kangchenjunga menjadi gunung tertinggi kedua di Nepal. Ada arti tersendiri dinamakan kangchenjunga.

Nama tersebut bermakna lima harta karun salju, makna ini diambil karena pada gunung ini terdapat lima puncak dengan ketinggian yang berbeda-beda. Harta karun pada makna tersebut mengartikan benda dewa emas, perak, permata, biji-bijian, dan kitab suci.

Gunung Lhotse

Gunung Tertinggi di Dunia Lhotse
trekearth.com

Gunung Lhotse merupakan gunung tertinggi keempat yang ada di bumi, gunung lhotse ini memiliki ketinggian 8.516 meter diatas permukaan laut. Lhotse termasuk kedalam pegunungan himalaya, menurut informasi yang beredar pencapai pertama puncak lhotse ada dua orang.

Tepatnya pada tangga 18, bulan mei, tahun 1956 dua orang tersebut bernama, Fritz Luchsinger dan Ernst Reiss. Terletak di bagian Nepal dan Tibet (salah satu wilayah China) terpatnya pada sebelah selatan di wilayah tersebut.

Terapat tiga puncak pada gunung lhotse yang diartikan menggunakan bahasa Tibet adalah puncakĀ  selatan ini. Pertama kali puncak selatan ini dikenalkan ke berbagai dunia oleh Tim International Himalaya Expedition di tahun 1955.

Gunung Makalu

Gunung Tertinggi di Dunia Makalu
summitpost.org

Gunung makalu termasuk kedalam pegunungan himalaya dan memiliki ketinggian 8.462 meter di atas permukaan laut. Gunung makalu juga masuk kedalam wilayah Nepal dan China, penakluk pertama gunung makalu adalah Lionel Terray dan Jean Couzy.

Tepatnya pada tahun 1955 di bulan mei, saat ini makalu menjadi gunung tertinggi ke lima di dunia, selain itu gunung makalu juga sangat unik, karena berbentuk seperti piramida empat sisi.

Itulah lima gunung tertinggi yang ada di muka bumi ini, tertarik untuk mendakinya? Atau hanya berlibur dan menikmati wisata yang ada di kaki gunung-gunung tertinggi tersebut. Semoga informasi ini bermanfaat dan bisa dijadikan pelajaran, terimakasih.

Tinggalkan komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.