HAri ayah di China

Merayakan Hari Ayah di Seluruh Dunia

Hari Ayah di Berbagai Negara

Setiap anak di seluruh dunia tentunya mempunyai keinginan dalam hati untuk berbakti kepada kedua orang tua yang telah membesarkannya. Salah satu caranya adalah memberikan sesuatu ketika hari ayah tiba. Ya, di berbagai negara memang ada tradisi merayakan hari ini. Uniknya, cara merayakan di setiap negara itu berbeda-beda termasuk di Jepang. Berikut akan dibahas secara ringkas.

Hari Ayah di Dunia
onemillionskates.com

Jepang

Sama seperti negara lainnya, anak-anak di Jepang juga kerap mengungkapkan rasa sayangnya kepada ayah dengan cara merayakan hari ayah setiap tahun tepatnya pada minggu ketiga di bulan juni di hari minggu. Orang Jepang menyebut hari ayah sebagai chichi no hi (父の日). “Chichi” bermakna ayah dan “hi” adalah “hari”. Sedangkan partikel “no” adalah partikel kepemilikan.

Hari ayah di Jepang
linguajunkie.com

Tak dapat dipungkiri bahwa Jepang adalah negara yang unik dan kreatif termasuk anak-anak di sana yang merayakan hari ayah. Umumnya mereka memberikan suatu hadiah kepada otousan (お父さん) / ayah sebuah hasil karya sendiri. Ada juga yang menabung untuk dibelikan gelas bir dan juga barang-barang kesukaan ayahnya misalnya dasi.

Hadiah Hari Ayah di Jepang
Hadiah Hari Ayah di Jepang

Meksiko

Lain negara pasti lain juga budayanya, termasuk dalam merayakan hari  bagi ayah. Di Meksiko, sebuah negara di benua Amerika merayakannya dengan cara yang berbeda. Dalam Bahasa Meksiko hari ayah artinya “dia del padre”. Bagi warga di sana, hari tersebut tidak bermakna sebagai sebuah hari memberi sesuatu kepada ayah kandung, Tetapi ditujukkan kepada semua laki-laki yang dianggap sudah mempunyai sikap kebapakkan.

Hari Ayah di Meksiko
happymemorialday.org

Warga Meksiko merayakan momen penting ini bersama kakek, ayah tiri, atau bahkan bersama seseorang yang tidak terikat hubungan darah sama sekali tetapi dianggap mempunyai peran penting dalam hidupnya. Pada hari itu semua akan berkumpul dan melakukan makan besar serta mendoakkan kebaikkan bagi ayah.

Jerman

Di negara belahan Eropa sana tepatnya di Jerman, juga ada tradisi unik merayakan hari ayah yang dirayakan tepat setelah paskah pada minggu keenam. Para ayah akan berkumpul dan membuat pesta seperti minum bir. Sebenarnya, acara ini merupakan salah satu bagian dari tradisi mannertag atau hari yang dikhususkan untuk kalangan  pria yang ingin mabuk dan lain sebagainya.

HAri Ayah di Jerman
ckwr.com

Vatertag (hari untuk ayah) adalah hari libur nasional di Jerman. Pemerintah Jerman menetapkan libur di hari ayah karena bertepatan dengan ascension day (hari kenaikan yesus kristus). Pada hari itu para ayah melaksanakan berbagai macam kegiatan seperti membawa gerobak berisi bir, hiking ke bukit dan barbeque, atau ada pula yang keliling kota dengan mobil sambil bernyanyi dengan suara yang keras.

Brasil

Negeri Samba Brasil merayakan momentum hari ayah dengan cara yang cukup unik. Dia dos pais atau hari ayah identik dengan menyantap steak daging. Sudah menjadi rahasia umum bahwa orang Brasil sangat gemar mengkonsumsi daging dengan lemak tinggi. Semua anggota keluarga berkumpul di suatu tempat lalu berpesta daging panggang sepuasnya. Di brasil, daging panggang yang populer adalah churrascaria dan Brazilian Steak House.

Hari Ayah di Brasil
groupon.com

Tiongkok dan Taiwan

Negara di daratan China seperti Tiongkok dan Taiwan merayakan hari ayah setiap tanggal 8 agustus. Tanggal ini dipilih karena dalam penanggalan kalender masehi 8 agustus adalah tanggal 8 pada bulan 8 atau 8-8. Angka 88 ini dalam tata Bahasa China adalah homofon bagi kata baba / papa. Karena sejarah perang yang melanda China di masa lampau, perayaan hari ayah di sana didedikasikan khusus untuk mengenang jasa para ayah yang telah gugur di peperangan.

HAri ayah di China
fluentu.com

Tinggalkan komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.