Tips Belajar Huruf Katakana

Belajar Huruf Katakana, Huruf Hiragana, dan Huruf Kanji Dalam Bahasa Jepang

HURUF KATAKANA adalah salah satu dari 3 jenis huruf yang dipakai di Jepang selain Huruf Hiragana dan Huruf Kanji. Huruf ini digunakan ketika menuliskan kata-kata serapan dari bahasa asing yang disebut gairaigo (外来語). Selain itu, digunakan juga untuk menuliskan nama-nama orang asing dan juga menulis onomatope serta kata-kata dalam Bahasa Jepang yang sifatnya berupa penegasan.

Huruf Katakana Lengkap
kaipat.com

Huruf Katakana

Berbeda dengan Huruf Hiragana, Huruf Katakana dipakai untuk transkripsi kosakata Bahasa Asing ke dalam Bahasa Jepang. Nama perusahaan di Jepang juga sering menggunakan Huruf Katakana karena lebih mudah dibaca. Skrip Huruf Katakana terdiri dari 51 karakter (tidak termasuk tanda diakritik serta fungsional).

Belajar Huruf Katakana
youtube.com

 Sejarah Huruf Katakana

Huruf Katakana dibuat pada sekitar abad ke-8 M namun ada juga yang mengatakan abad ke-10 (Learn Katakana-Hiragana, AOTS: 2006:56) yang diciptakan oleh Kibi no Makabi (693M-755M). Tujuan utama diciptakannya Huruf Katakana adalah untuk menyederhanakan Huruf Kanji. Pada masa itu ada banyak yang menggunakan Huruf Katakana untuk menulis kitab-kitab agama buddha. Namun dalam pemakaiannya sering dipadukan dengan kanji.

Huruf Katakana Dahulu

Awal Mula Penggunaan Huruf Katakana

Sebelum tahun 1988, Huruf Katakana juga digunakan untuk telegram dan untuk sistem jaringan komputer (sebelum diterapkannya karakter multibyte). Pada waktu itu, output tulisan untuk komputer bukan menggunakan Huruf Kanji atau Huruf Hiragana melainkan dengan menggunakan Huruf Katakana.

Huruf Katakana VS Hiragana
mag.japaaaan.com

Huruf Kanji

Huruf Kanji adalah salah satu huruf yang digunakan di Jepang yang jumlahnya mencapai ribuan huruf. Huruf ini berasal dari Tiongkok dan mulai masuk ke Jepang sejak ribuan tahun yang lalu.

Pada zaman dahulu, kanji disebut dengan mana atau Shinji. Huruf Kanji digunakan untuk simbol konsep atau ide (kata kerja, kata sifat, kata benda dan kata keterangan).

Huruf Katakana dan Kanji
hep.eiz.jp

Sejarah Huruf Kanji

Huruf Kanji secara resmi masuk ke Jepang melalui barang dagangan yang diimpor dari China yang lewat melalui Semenanjung Korea pada awal abad ke-3 masehi. Sejak saat itu juga Huruf Kanji sering digunakan untuk menuliskan prasasti dari batu dan yang lainnya.

Namun, sebelumnya 2 orang bernama Achiki dan Wani datang pada masa pemerintahan Dinasti Oojin. Keduanya diyakini sebagai pengajar huruf kanji untuk putra kaisar. Meskipun demikian, Bangsa Jepang telah mengenal kanji sejak abad ke-1 masehi dengan bukti ditemukannya stempel emas di daerah Kyushu.

Huruf Katakana dan Kanji Mimpi
youtube.com

Karakter Huruf Kanji

Satu karakter kanji bisa memiliki berbagai cara baca yang berbeda-beda. Selain itu, tak jarang pula satu bunyi bisa disimbolkan dengan kanji yang berbeda. Huruf Kanji dibagi menjadi 2 cara pengucapan yaitu ucapan Jepang (kunyomi) dan Ucapan China (onyomi).

Huruf Hiragana

Huruf Katakana dan Huruf Hiragana

Huruf Hiragana adalah huruf asli yang dibuat oleh orang Jepang dan digunakan untuk menuliskan kata-kata asli dalam Bahasa Jepang. Jumlahnya ada 46 buah.

Hiragana (平仮名) dahulu dikenal dengan istilah onna de (女手) atau tulisan wanita karena huruf ini biasa ditulis oleh para kaum wanita untuk menggoreskan kisah mereka. Sementara pria di masa itu menulis menggunakan Huruf Katakana atau Huruf Kanji. Barulah pada sekitar awal abad ke-10 Huruf Hiragana dipakai secara luas oleh semua kalangan.

Perbedaan Huruf Katakana dan Hiragana

Huruf Katakana dan Huruf Hiragana Beda
inhabitat.com

Perbedaan dari keduanya sangat jelas yaitu dari sisi penggunaan dan dari bentuk hurufnya. Jika Huruf Hiragana digunakan untuk kata-kata asli bahasa Jepang dan bentuk hurufnya yang lebih dinamis. Huruf Katakana digunakan untuk kata-kata asing dan bentuk hurufnya terkesan kaku tegak lurus.

Belajar Huruf Katakana

Dalam penulisannya, Huruf Katakana ini lebih mudah karena huruf-hurufnya bergaris lurus. Sama seperti Huruf Hiragana, dalam Huruf Katakana juga ada klasifikasi huruf yang dibagi menjadi Katakana Seion(片仮名清音), Katakana Dakuon (片仮名濁音), Katakana Handakuon (片仮名半濁音) dan Katakana Youon (片仮名拗音). Langsung saja kita bahas secara lengkap dan ringkas agar mudah dipelajari.

Huruf Katakana Seion

Katakana Seion (dibaca : Seiong) adalah huruf-huruf pelafalan dasar yang terdiri dari huruf vocal dan huruf konsonan. Jumlah dan susunan hurufnya sama dengan Hiragana Seion, yang membedakan hanya bentuk hurufnya saja. Berikut tabel dari Katakana Seion :

Huruf Katakana Seion
hiratacogawa.blogspot.com

Cara Menulis Huruf Katakana Seion

Angka dan tanda panah di sekitar huruf adalah cara penulisan. Jika diperhatikan lebih seksama, ada beberapa huruf yang bentuknya mirip yaitu huruf tsu dan shi serta huruf so dan n. Secara kasat mata memang terlihat mirip tetapi sebenarnya jika dilihat dari tatacara penulisan dan goresan huruf-huruf tersebut tidaklah sama.

Huruf Katakana Shi dan Tsu
youtube.com

Contoh kosakata Bahasa Jepang serapan asing yang menggunakan Katakana Seion adalah camera (カメラ, note (ノート) dibaca nooto, dan air conditioner (エアコン) yang dibaca eakon. Orang Jepang memang suka menyingkat sebuah kosakata misalnya saja personal computer menjadi pasokon.

Contoh Huruf Katakana Seion
polyglotdog.tumblr.com

Belajar Huruf Katakana Dakuon

Katakana Dakuon (dibaca : dakuong) jumlahnya 20 huruf dan merupakan turunan dari sebagian Katakana Seion yaitu huruf konsonan ka-ki-ku-ke-ko, sa-shi-su-se-so, ta-chi-tsu-te-to, dan ha-hi-fu-he-ho. Huruf-huruf tersebut ditambahan tanda (“) yang disebut “tenten (dibaca : tengteng) bunyinya berubah menjadi Katakana Dakuon. Adapun Huruf-hurufnya adalah seperti dalam tabel di bawah ini :

Huruf Katakana Dakuon
intanhikari.blogspot.com

Contoh kosakata asing yang memakai Huruf Katakana Dakuon adalah terebi (テレビ) yang artinya televisi atau juga bideo (ビデオ) yang artinya video dan masih banyak lagi.

Belajar Huruf Katakana Handakuon

Ini juga sama seperti Huruf Hiragana Handakuon yaitu berjumlah 5 buah (pa-pi-pu-pe-po). Sebagai tambahan, ada 3 huruf yang sama bentuknya baik dalam hiragana maupun katakana yaitu huruf “he”, huruf “be” dan huruf “pe”. Contoh kosakata Bahasa jepang dari Katakana Handakuon adalah pen (pen)= ペン, appuru (apple)=アップル, painappuru (pineapple)=パイナップル dan lain-lain.

Huruf Katakana Handakuon
intanhikari.blogspot.com

Belajar Huruf Katakana Youon

Jumlah Katakana Youon lebih banyak dibanding Huruf Hiragana Youon karena nama-nama dalam bahasa asing memang menggunakan semua huruf romawi. Contoh Kosakatanya adalah Kyarakutaa (キャラクター) = character, adobenchaa (アドベンチャー) = adventure dan masih banyak lagi.

Huruf Katakana Youon
stron-ken.blogspot.co.id

Tips Belajar Huruf Katakana Jepang dan Artinya

Katakana memakai tanda vokal panjang yang disebut chōonpu (超音符) dalam kosakata serapan asing. Chouonpu yaitu garis pendek/strip (ー) yang mengikuti arah kata garis vertikal untuk tategaki (縦書き) dan garis horizontal untuk yokogaki (横書き).

Itulah sekilas mengenai Katakana. Sebagai latihan coba tulis nama anda menggunakan Katakana dan ulangi sampai anda benar-benar bisa tanpa melihat. Oh iya jangan kunjungi juga Cara Cepat & Praktis Belajar Huruf Hiragana  agar pemahaman Bahasa Jepang anda lebih mantap.

Tips Belajar Huruf Katakana
lindsaydoeslanguages.com

Video PPAP untuk Translate Katakana

Bagi anda yang sudah membaca artikel ini, saya ucapkan arigatou gozaimasu (terima kasih banyak). Jangan malu untuk bertanya pada kolom komentar kalau belum paham. Insya Allah saya akan menjawab semampu saya. Sebagai penutup mari kita lihat sebuah video yang sedang viral saat ini, anda juga bisa belajar katakana dari video ini :D.

https://www.youtube.com/watch?v=1W3sslyiUfg

2 pemikiran pada “Belajar Huruf Katakana, Huruf Hiragana, dan Huruf Kanji Dalam Bahasa Jepang”

Tinggalkan komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.