Jalan-jalan Ke Jepang

Tips Jalan Jalan ke Jepang Seminggu Budget 9 Juta Murah Tanpa Tour

Jalan Jalan ke Jepang – Jepang memang negara yang mempunyai daya tarik tersendiri bagi para backpacker yang gemar berkeliling dunia. Keindahan dan kenyamanan fasilitas di negara ini sungguh membuat siapapun ingin jalan-jalan ke Jepang untuk sekedar liburan menikmati indahnya bunga sakura di musim semi atau mencoba merasakan sensasi naik kereta supercanggih yang dimiliki Negeri Matahari tersebut.

Buat kamu yang punya rencana jalan jalan ke Jepang namun terkendala dengan masalah budget yang minim dan tak bisa menggunakan jasa paket liburan ke Jepang, berikut tips seputar liburan ke Jepang dengan modal dibawah 9 juta. Tips ini dibuat berdasarkan pengalaman saya ketika tinggal di Jepang.

Semua Bisa ke Jalan Jalan ke Jepang

Jalan jalan ke Jepang
japanesian.id

Banyak yang mengira melancong ke Jepang itu membutuhkan budget sampai puluhan juta sehingga orang enggan untuk pergi ke Negeri Doraemon tersebut.

Padahal jika kita tahu tipsnya, dengan bekal uang di bawah 10 juta pun kita sudah bisa terbang ke sana dan termasuk tiket pesawat untuk pulang pergi lho. Nah, bagaimana mensiasatinya kita akan bahas satu persatu.

Manfaatkan Promo Tiket Pesawat Travel ke Jepang

Jalan jalan ke jepang
ezytravel.co.id

Disini anda harus sering searching dan mengecek situs resmi maskapai-maskapai penerbangan di Indonesia seperti Garuda Indonesia, Air Asia, dan lain sebagainya.

Akan ada banyak penawaran menarik promo besar-besaran tiket murah untuk liburan ke berbagai negara terutama jalan jalan ke Jepang. Biasanya tiket termurah yang ditawarkan adalah kisaran 2-3 juta rupiah untuk pulang pergi.

Pergi Ketika Musim Gugur atau Musim Dingin di Jepang

 

jalan jalan ke jepang murah
blog.011now.com

Kebanyakan wisatawan liburan ke Jepang salah satunya ingin melihat keindahan bunga sakura. Namun bunga sakura hanya mekar ketika musim Semi yaitu pada sekitar akhir februari sampai pertengahan maret.

Namun yang disayangkan, biasanya harga tiket pesawat pada musim semi sangat mahal, harganya bisa melonjak naik 2x lipat dari biasanya. Hal ini tentu tidak menguntungkan buat kamu yang punya budget kecil.

Namun anda tak perlu khawatir, saya sarankan anda pergi jalan jalan ke jepang pada bulan Oktober-Desember karena diwaktu itu Jepang tengah menjalani musim gugur.

Musim dimana daun-daun berguguran karena akan memasuki musim dingin. di Musim gugur pun anda akan menikmati keindahan pemandangan daun-daun berubah menjadi kemerah-merahan.

Harga tiket pesawat di musim gugur pun terbilang lebih murah dibanding ketika Musim Semi. bahkan jika ada promo, harganya jauh lebih murah.

Buat Itinerary Travel ke Jepang yang Baik

jalan jalan ke jepang gratis
japanesian.id

Itinerary atau rencana perjalanan harus dibuat jauh-jauh hari sebelum berangkat ke Jepang. Sebagai contoh, kita akan membuat itinerary untuk 7 hari perjalanan dan tempat yang akan disinggahi yaitu dimulai dari Tokyo, Nagoya, Kyoto, dan Osaka. karena 4 kota inilah yang paling banyak disinggahi turis asing.

Hemat & Pandai Mengatur Budget

Pandai-pandailah mengatur keuangan selama jalan jalan di Jepang, jangan membeli yang sekiranya tidak terlalu penting. Juga jangan berkunjung ke tempat yang kurang menarik karena harga makanan dan tiket masuk ke sebuah tempat wisata cukup mahal.

Yang tak kalah pentingnya adalah mengenai transportasi, penginapan, dan makanan. Berikut akan dibahas satu persatu agar anda tak merasa kebingungan ketika disana nanti.

Transportasi Selama Trip di Jepang

 

jalan jalan ke Jepang hemat
haneda-tokyo-access.com

Ada beberapa opsi ketika anda ingin memilih transportasi ketika di Jepang. Semakin banyak daerah yang dikunjungi, semakin membengkak pula biaya yang dikeluarkan.

Di Jepang sendiri, biaya transportasi sangat mahal apabila kita tidak mensiasatinya dengan membeli one day pass yang tersedia di setiap kotanya. Contohnya di Tokyo kita bisa menggunakan tiket seharian seharga 1590 yen yang bisa digunakan untuk keliling Toky0.

Di daerah Nagoya sendiri misalnya, kita bisa membeli one day pass bernama Donichi Kippu seharga 600 yen yang bisa digunakan untuk kereta subway dan bis Meitetsu. Namun tiket ini berlaku hanya hari sabtu dan minggu saja. Selain hari itu kita harus membeli tiket dengan harga biasa.

jalan jalan ke jepang nagoya
henridaros.wordpress.com

Kebanyakan turis menggunakan JR Pass sebagai tiket transportasi selama di Jepang jika ingin mengunjungi beberapa kota. Harganya sekitar 3,5 juta untuk seminggu perjalanan dan bisa digunakan untuk segala jenis kereta, termasuk shinkansen dan juga bis di bawah naungan perusahaan Japan Railway.

Tapi pembelian JR pass tergantung dengan itinerary kamu. Kalau beli JR Pass untuk 7 hari rasanya tidak mungkin kita bisa travel ke banyak kota dikarenakan kelelahan fisik.

jalan jalan ke jepang nagoya dan kyoto
www.kanpai-japan.com

Makanan Murah di Jepang

jalan jalan ke jepang seminggu
www.tokyoing.net

Solusi paling tepat untuk mengatasi perut keroncongan ketika di Jepang adalah dengan mendatangi tempat makan low cost seperti Yoshinoya, Matsuya. Atau bisa juga membeli Bentou (Nasi Kotak) dan Onigiri seharga 100 yen di Konbini (minimarket) seperti Lawson, Seven Eleven, Circle K dan sebagainya.

Penginapan

 

jalan jalan ke jepang tokyo
www.genk.vn

Ketika jalan jalan ke Jepang ada banyak hotel murah di sekitaran Tokyo dan kota lainnya. Biasanya harga yang ditawarkan adalah sekitar 5.000 yen/malam.

Jika itu masih terasa berat di kantong, kamu bisa coba tidur di internet cafe, hotel kapsul, atau motel murah dimana kita cukup merogoh kocek antara 2.000-3.000 yen/malam dengan fasilitas yang lengkap.

Spot Wisata di Jepang

4 kota besar di Jepang yakni Tokyo, Nagoya, Kyoto dan Osaka mempunyai banyak tempat wisata, baik berbayar maupun yang gratisan. Jika kamu punya budget lebih, sah-sah saja untuk mengunjungi Tokyo Disneyland, Universal Studio Japan di Osaka dengan tiket masuk yang dibanderol seharga 7.900 yen (sekitar 1 juta rupiah).

Namun ada banyak juga tempat yang terkenal tanpa perlu kita mengeluarkan uang alias gratisan seperti yang pernah saya kunjungi berikut ini :

Traveling di Tokyo

 

jalan jalan ke jepang odaiba
japanesian.id

Cobalah untuk mengunjungi Akihabara, Tokyo Skytree, Asakusa, Ueno Park, Shibuya yang terkenal dengan Patung Hachiko-nya, Odaiba, dan Tokyo Tower ketika anda berkeliling di Tokyo.

Dijamin seharian anda tidak akan bisa untuk mengelilingi semua tempat wisata tersebut. Untuk memasuki tempat tersebut tidak diperlukan biaya yang tidak terlalu mahal.

Backpackeran di Nagoya

jalan jalan ke jepang nagoya
japanesian.id

Sama halnya dengan Tokyo, Nagoya juga mempunyai banyak tempat wisata yang wajib dikunjungi seperti Nagoya Castil, Sakae, Oosu Kanoon, Railway Museum, Toyota Museum, dan masih banyak lagi. Kamu cukup membayar sekitar 500-2.000 yen untuk tiket masuk ke  tempat-tempat tersebut.

Wisata Kota Tua Kyoto

Jalan Jalan ke Jepang Murah
japanesian.id

Kyoto lebih dikenal sebagai kota tua di Jepang. Kebanyakan destinasi wisata di tempat ini adalah kuil-kuil atau tempat wisata alam. Contohnya adalah Kuil Kiyomizu, Kuil Emas, Gion, Fushimi Inari, Hutan Bambu Arashiyama, dan masih banyak lagi.

Spot Menarik di Osaka

Jalan jalan ke Jepang osaka
japanesian.id

Osaka adalah kota besar seperti halnya Tokyo, di kota ini ada spot spot menarik yang wajib untuk dikunjungi ketika ke Jepang. Misalnya Osaka Castil, Namba, Shinsekai, Umeda Sky Building, Osaka Aquarium dan yang paling menarik adalah Universal Studio Japan.

Oleh Oleh Khas Jepang

japanesian.id
Tak lengkap rasanya kalau berkunjung ke suatu tempat tanpa membeli oleh-oleh, apalagi sampai jalan jalan ke Jepang. Tapi, harga souvenir khas Jepang biasanya cukup mahal. Solusinya adalah mendatangi toko serba 100 yen Seperti Daiso, Seria, dan masih banyak yang tersebar di hampir seluruh sudut kota Jepang.

Di toko ini, hampir semua barang kebutuhan tersedia. Mulai dari alat mandi, pernak-pernik, sampai alat rumah tangga. Harganya pun tak lebih dari 15.000 rupiah saja/item.

Dengan mengikuti tips jalan jalan ke Jepang di atas, saya rasa dengan budget 9 juta kamu sudah bisa menikmati keindahan Negeri Sakura. Jadi tunggu apalagi, angkat ranselmu dan segera jelajahi Jepang sekarang juga!

 

 

 

 

4 pemikiran pada “Tips Jalan Jalan ke Jepang Seminggu Budget 9 Juta Murah Tanpa Tour”

  1. makasih bang infonya, saya mau tanya bang, tips untuk cepat menghafal hiragana dan katakana gimana ya? terima kasih 🙂 arigatou gozaimasu

    Balas

Tinggalkan komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.