Kereta Tercepat di Dunia Jepang

Fakta Teknologi Kereta Tercepat di Dunia Asal Jepang Saat Ini

Kereta tercepat di dunia – Jepang terkenal dengan alat tranportasi masalnya yang super canggih dan cepat yaitu shinkansen. Hampir seluruh kota besar di Jepang menggunakan kereta tercepat di dunia ini sebagai alat tranportasi utama ketika bepergian ke tempat yang jauh misalnya dari Tokyo menuju Kyoto.

Shinkansen atau yang sering disebut juga sebagai kereta peluru beroperasi setiap hari dengan ketepatan waktu yang sangat tinggi. Selain tepat waktu, kecanggihan dan kecepatan shinkansen Jepang juga patut diacungi jempol.

Video Kereta Tercepat di Dunia

https://www.youtube.com/watch?v=geAEAEC6dL8

Sejarah Kereta Tercepat di Dunia

Sejarah Kereta Tercepat di Dunia
nippon.com

Shinkansen (新幹線) resmi diluncurkan pada 1 Oktober 1964 sebagai salah satu bagian dari Olimpiade Tokyo. Jalur pertama yang dilalui adalah Tokyo –  Shin Osaka yang berjarak kurang lebih 514 km berhasil ditempuh dalam waktu 4 jam.

Pada tahun 1992, Japan Railways selaku pendiri shinkansen melaunching sebuah model yaitu Nozomi yang mampu berlari dengan kecepatan 270 km/jam. Model ini langsung sukses dan mampu mengangkut miliaran penumpang setiap tahunnya.

Kereta Tercepat di Dunia Asal Jepang
japantimes.co.jp

Kereta Tercepat dan Tercanggih di Dunia

Kecangihan Kereta Tercepat di Dunia
jchighspeedrail.com

Hingga saat ini, belum pernah sekalipun ada kecelakaan fatal yang diakibatkan oleh shinkansen. Mungkin hanya kecelakaan kecil seperti terjepit pintu kereta dan percobaan bunuh diri saja yang kerap terjadi. Selain itu, karena Jepang merupakan daerah rawan gempa, shinkansen dilengkapi dengan sensor yang bisa mendeteksi gempa sehingga kereta akan berhenti secara otomatis bila terjadi gempa.

Jalur Kereta Api Tercepat di Dunia saat Ini

Secara umum, trek shinkansen dikelola oleh JR alias Japan Railways. Namun dalam pembagiannya, dikerjakan oleh 4 bagian yaitu JR East, JR West, JR Central, dan JR Kyushu.

JR East

JR East mengelola jalur Tohoku Shinkansen yang beroperasi dari Stasiun Tokyo sampai Hokkaido, Joetsu Shinkansen (Omiya Station – Niigata Station), dan yang terakhir Nagano Shinkansen/Hokuriku Shinkansen (Takasaki Station – Nagano Station). Tohoku Shinkansen memiliki jalur sepanjang 674,9 km, Joetsu Shinkansen 269,5 km, dan Nagano Shinkansen/Hokuriku Shinkansen 117,4 km.

Kereta Tercepat di Dunia Jepang
jchighspeedrail.com

JR West

JR West mengoperasikan shinkansen di wilayah Jepang bagian bawah dengan jalur Sanyo Shinkansen yang menghubungkan Stasiun Shin-Osaka sampai Stasiun Hakata. Jalur ini pertama dibuka tahun 1992 dengan total panjang 553,7 km.

Kereta Tercepat di Dunia Asal Jepang
flickr.com

Baca juga : Romantisme Musim Gugur di Jepang


JR Central

Merupakan jalur pertama dalam sejarah shinkansen. Dibuka tahun 1962, JR Central mengelola jalur Tokkaido Shinkansen (Stasiun Tokyo dan Stasiun Shin-Osaka) dengan panjang jalur 515,4 km.

Kereta Tercepat di Dunia Shinkansen
en.wikipedia.org

JR Kyushu

Mengoperasikan jalur Kyushu Shinkansen yang menghubungkan Stasiun Hakata dan Stasiun Kagoshima Chuo. Panjang jalurnya adalah 256,8 km dan dibuka tahun 2004.

Kereta Tercepat di Dunia Bullet Train
withinstrikingdistance.wordpress.com

Sebenarnya masih ada jalur-jalur shinkansen dengan jarak yang tidak terlalu panjang, misalnya saja Yamagata Shinkansen (Fukushima – Shinjo) dan Akita Shinkansen (Morioka – Akita). Selain itu ada juga jalur yang masih dalam tahap pengembangan seperti misalnya Hokkaido Shinkansen yang sudah dilaunching maret 2016 silam.

Kereta Tercepat di Dunia Terbaru
japanbullet.com

Harga Tiket

Untuk dapat mencoba kenyamanan naik kereta tercepat di dunia ini memerlukan kocek yang tidak sedikit. Harga tiket shinkansen dibagi menjadi beberapa bagian diantaranya :

Tarif Dasar –  adalah tarif yang harus dibayar sesuai jarak tempuh yang dilalui dari kota A ke kota B. Misalnya dari Nagoya menuju Tokyo. Semakin jauh jarak yang ditempuh maka tarif akan semakin mahal.

Reservation Seat – dalam shinkansen ada gerbong reservation seat yaitu gerbong yang tempat duduknya bisa dipesan. Jika tidak ingin berdiri, anda bisa membeli tiket dengan fasilitas ini dengan catatan ada tarif tambahan yang harus dibayar.

Green Car Fee – adalah gerbong kelas satu yang mempunyai kelebihan dibanding gerbong lainnya.

Tiket Kereta Tercepat di dunia
jprail.com

Jadi ketika naik shinkansen, normalnya kita harus membayar tarif dasar shinkansen, biaya reservasi tempat duduk, dan green car fee (bagi yang ingin gerbong kelas utama).

Cara Reservasi Tiket

Untuk memesan tiket kereta tercepat di dunia ini, ada beberapa opsi yang bisa dilakukan yaitu membeli di vending machine yang berada di sekitar stasiun, atau melalui counter tiket yang terdapat di beberapa stasiun besar JR. Atau bisa juga memesan melalui website resmi Japan Railways.

Reservasi bisa dilakukan sejak 1 bulan sebelum tanggal keberangkatan sampai sesaat sebelum pergi. Data yang diperlukan saat memesan tiket shinkansen biasanya sebagai berikut :

  • Jumlah orang
  • Tanggal keberangkatan
  • Stasiun keberangkatan dan stasiun tujuan
  • Pilihan tempat duduk (umum atau green car)
  • Pilihan jenis tempat duduk (reserved atau non-reserved)

Jika memesan “reserved seat”, maka informasi yang dibutuhkan bertambah dengan nama kereta dan smoking/non-smoking seat (jika ada). Untuk cara pembayaran sendiri bisa dengan cash maupun kartu kredit.

Jenis-jenis Shinkansen

Hingga saat ini, Japan Railways telah membuat berbagai macam jenis shinkansen di seluruh penjuru Jepang. Sama seperti kereta biasa, shinkansen juga memiliki beberapa kelas berdasarkan kecepatannya. Ada kereta ekspres yang hanya berhenti di stasiun-stasiun besar, ada juga yang berhenti di berbagai stasiun.

Jenis Kereta tercepat di Dunia
en.wikipedia.org

1. Tokkaido Shinkansen (Tokyo/Yokohama, Nagoya, Osaka/Kyoto)

Shinkansen tercepat di jalur ini ada 3 jenis yaitu Nozomi Shinkansen (Tokyo – Osaka 2,5 jam), Hikari Shinkansen (Tokyo – Osaka 3 jam), dan yang paling lambat di jalur ini adalah Kodama Shinkansen (Tokyo – Osaka 4 jam).

Nozomi Kereta Tercepat di Dunia
jprail.com

2. Sanyo Shinkansen

Nozomi & Mizuho menjadi shinkansen tercepat di jalur ini yang masing-masing menghubungan Shin Osaka – Hakata dan Shin Osaka – Kagoshima-chuo dengan waktu tempuh 2,5 jam. Selanjutnya adalah Hikari Shinkansen yang menghubungkan Shin Osaka dan Okayama dan Sakura Shinkansen (Shin Osaka – Kagoshima Chuo).

Kereta Tercepat di Dunia Mizuho
jprail.com

Tohoku Shinkansen (Tokyo – Hokkaido)

Ada 4 jenis shinkansen yang beroperasi di jalur ini, ditambah dengan 2 jenis di jalur mini shinkansen yaitu Akita Shinkansen dan Yamagata Shinkansen. Shinkansen tercepatnya bernama Hayabusa juga sekaligus sebagai yang tercepat di Jepang dengan kecepatan sampai 320 km/jam.

Shinkansen tercepat kedua di jalur ini bernama Hayate, disusul dengan Yamabiko. Sedangkan yang terlambat di jalur Tohoku Shinkansen ini adalan Nasuno yang berhenti di setiap stasiun di antara Tokyo dan Koriyama.

Kereta Tercepat di Dunia Jepang
Yamabiko Shinkansen (jprail.com)
Kereta tercepat di Dunia Jenis Komachi
komachi shinkansen (jprail.com)
Kereta Tercepat di Dunia Nasuno
Nasuno Shinkansen (jprail.com)

Joetsu Shinkansen (Tokyo – Niigata)

Ada 2 shinkansen yang beroperasi di jalur ini yaitu Toki Shinkansen yang menghubungkan Stasiun Tokyo dan Stasiun Niigata. Ada juga Max Toki yaitu shinkansen yang mempunyai tingkat 2. Shinkansen lainnya adalah Tanigawa dan Max Tanigawa yang berjalan dari Tokyo menuju Echigo-Yuzawa.

Kereta Tercepat di Dunia Jepang
Max Toki Shinkansen (jprail.com)

Nagano Shinkansen (Tokyo-Nagano)

Hanya ada 1 jenis shinkansen yang beroperasi di jalur ini, yaitu Asama Shinkansen yang bergerak dari Tokyo ke Nagano dengan kecepatan rata-rata 210 km/jam. Pada jam-jam tertentu, dioperasikan juga tipe Max Asama yang merupakan shinkansen bertipe double decker.

Kereta Tercepat di Dunia Max Asama
Max Asama (youtube.com)

Kyushu Shinkansen (Fukuoka-Kagoshima)

Shinkansen yang beroperasi di jalur ini rata-rata terusan dari rute Sanyo Shinkansen. Jadi tidak heran jika di jalur ini terdapatt Shinkansen Mizuho sebagai kereta tercepat, disusul oleh Shinkansen Sakura sebagai kereta tercepat kedua. Kereta terlambat di jalur ini Tsubame Shinkansen yang berhenti di semua stasiun antara Stasiun Hakata (Fukuoka) dan Stasiun Kagoshima-Chuo (Kagoshima).

Tsubase Kereta Tercepat di Dunia
panoramio.com

Fasilitas yang Terdapat di Shinkansen

Fasilitas standar yang ada di dalam shinkansen adalah toilet yang dilengkapi dengan tutorial berbagai bahasa (Jepang dan Inggris) dan kadang-kadang dilengkapi dengan Bahasa Korea dan Bahasa Cina. Beberapa shinkansen bahkan sudah memiliki toilet untuk pengguna kursi roda yang dilengkapi dengan cermin besar.

Toilet kereta tercepat di dunia
commons.wikipedia.org

Fasilitas lainnya adalah makanan dan minuman ringan yang ditawarkan oleh pramugari (eh, istilah untuk di kereta apa ya?) dengan memakai kereta seperti kereta dorong bayi. Namun, ada juga beberapa shinkansen yang melengkapi fasilitasnya dengan berbagai vending machine. Untuk shinkansen tipe terbaru, biasanya sudah ada fasilitas seperti wi-fi dan colokan listrik.

Fasilitas Wifi Kereta tercepat di dunia
miner8.com

Demikianlah yang dapat saya bahas mengenai kecanggihan kereta tercepat di dunia yang dimiliki Jepang. Semoga kita semua diberi kesempatan untuk bisa merasakan kenyamanan menaiki shinkansen ini. Aamiin

Jika ingin tahu mengenai pelajaran Bahasa Jepang dasar silahkan baca mengenai Cara Cepat Belajar Huruf Hiragana

Satu pemikiran pada “Fakta Teknologi Kereta Tercepat di Dunia Asal Jepang Saat Ini”

Tinggalkan komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.