Lagu Lagu Jepang Terbaik yang Dikenal di Indonesia

Berbicara mengenai budaya Jepang, tak hanya anime atau jenis kuliner saja yang kini digandrungi oleh para remaja di Indonesia. Lagu lagu Jepang pun kini sudah familiar di telinga para pecinta Jepang.

Untuk itu, kali ini akan dibahas mengenai lagu-lagu Jepang terbaik sepanjang masa versi saya dan mungkin teman-teman juga mengetahuinya.

Lagu lagu Jepang Terpopuler Sepanjang Masa

Sebelum demam budaya Jepang melanda Indonesia, sebenarnya sejak dahulu sudah banyak lagu lagu Jepang yang didengar oleh masyarakat Indonesia. Contohnya seperti lagu-lagu berikut ini :

1. Lagu Jepang Kokoro no Tomo (Mayumi Itsuwa)

Kepopuleran lagu ini tak bisa diragukan lagi, coba tanya kepada teman atau orang tua anda, pasti dengan mudah mereka dapat menyanyikan lagu ini. Kokoro no Tomo (こころの友) atau yang artinya teman hati diciptakan oleh Mayumi Itsuwa, seorang penyanyi perempuan Jepang pada dekade 80an. Lagu ini kemudian di aransemen ulang oleh Zivilia, grup band Indonesia yang salah satu personilnya pernah bekerja di Jepang.

2. First Love (Utada Hikaru)

Dirilis pada tahun 1999, Utada Hikaru lewat Tembang andalan First Love-nya berhasil memikat hati para penikmat musik di Indonesia. Lirik lagunya yang romantis dan pembawaan yang melow membuat lagu ini laris-manis ketika dirilis juga di Indonesia

3. Lalala Love Song (Toshinobu Kubota)

Tembang ini pernah menjadi populer di tanah air  berkat salah satu stasiun televisi di Indonesia yang menayangkan drama Jepang berjudul “Long Vacation”. Lagu Lalala Love-lah yang menjadi soundtrack dalam drama ini.

Lagu lagu jepang kubota
giponewing.com

4. Fukai Mori (Do as Infinity)

Setelah tayangnya serial anime “Inuyasha” di Indonesia, lagu lagu jepang fukai mori ini juga menjadi hits karena anime Inuyasha menggunakan lagu ini sebagai Soundtrack. Sampai saat ini, lagu Fukai Mori (深い森) ini masih cukup populer di Indonesia.

Lagu lagu jepang fukai mori
youtube.com

5. Haruka Kanata (Asian Kung-fu Generation)

Nama grup band Asian Kung-Fu Generation sangat terkenal di kalangan penggemar musik rock Jepang. Apalagi setelah salah satu lagu andalannya yaitu “Haruka Kanata” menjadi Opening Sound Theme dari anime Naruto yang sempat booming di Indonesia.

Lagu lagu jepang naruto
youtube.com

6. Mirai E (Kiroro)

Mirai e (未来へ) yang artinya untuk masa depan diciptakan oleh duet penyanyi wanita Kiroro. Lirik lagunya yang sedih dan memiliki makna penyesalan seorang anak yang menelantarkan kasih sayang ibunya.

Tembang yang populer di era 90-an ini selalu dijadikan sebagai lagu perpisahan. Ketika pelatihan Bahasa Jepang dahulu pun, saya selalu menyanyikan lagu lagu Jepang setiap hari termasuk lagu ini sebagai penyemangat bagi saya yang akan berangkat ke Jepang.

Lagu lagu jepang kiroro
middle-confuss.blogspot.com

7. Ue Wo Muite Arukou (Kyu Sakamoto)

Masih ingat dalam serial Warkop DKI ketika Kasino mengamen membawakan lagu Jepang Ue Wo Muite Arukou yang dipelesetkan ? Ya itulah lagu legendaris yang dilantunkan oleh Kyu Sakamoto pada dekade 60-an. Ue wo Muite Arukou (上を向いて歩こう) yang artinya ayo berjalan sambil melihat ke atas.

Lagu ini adalah lagu terlaris sepanjang masa dengan total penjualan 13 juta kopi di seluruh dunia. Berikut adalah cuplikan lagunya :

Video Klip Lagu Ue o Muite Arukou

Itulah 7 lagu Jepang yang cukup terkenal di Indonesia. Saya pribadi masih sering mendengarkan lagu-lagu tersebut dan selalu menyetelnya ketika rindu suasana Jepang. Apalagi ketika lagu tersebut mempunyai kenangan tersendiri bagi kita.

Berikutnya akan dibahas mengenai 7 grup band/penyanyi Jepang terbaik yang sering saya dengarkan hampir setiap hari. Berikut cuplikan lagunya.

1.  Funky Monkey Babys

Adalah grup band Jepang ber genre hip-hop yang dibentuk pada 2004 oleh  2 orang personilnya yang berasal dari Hachioji, Tokyo. Grup band yang dipunggawai oleh Funky Kato dan Monkichi ini menyebut para fansnya dengan sebutan Fanmon. 

Lalu ketika pertunjukan live, mereka merekrut DJ Chemical yang kemudian melengkapi personil Funky Monkey Babys ini menjadi 3 orang.

Grup Band Funky Monkey Babys
tokyohive.com

Hingga saat ini, Funky Monkey Babys telah menelurkan beberapa album yang semua lagunya sangat enak didengar. Single yang berjudul Ato Hitotsu (あと一つ) menjadi lagu favorit saya karena lagu ini pernah menjadi salah satu soundtrack sebuah film di Jepang.

2. One Ok Rock

Terdiri dari 4 personil yaitu Taka, Toru, Ryota, dan Tomoya. Meski beraliran Rock, lagu-lagu dari grup band yang berdiri tahun 2004 ini cukup enak didengar. Mungkin lagu yang paling terkenalnya adalah single yang berjudul Wherever You Are. Cocok buat kamu yang suka dengan musik beraliran japanese rock.

https://www.youtube.com/watch?v=-OUgzYy8JEo

 

3. Kanaboon

Jika anda mencari referensi musik Jepang yang unik, cobalah mendengar lagu-lagu dari grup band Kanaboon dengan genre yang unik. Kanaboon sendiri sebenarnya telah berdiri sejak 2010, namun 2013 nama mereka melejit berkat video klip yang berjudul Naimono Nedari (ないものねだり).

4. Sekai No Owari

Memulai debutnya sebagai grup band indie, sekai no owari (世界の終り) yang digawangi 4 personil asal Tokyo ini sukses mendulang kesuksesan di kancah musik Jepang.

Sempat juga berkolaborasi dengan grup band Owl City dengan merilis tembang bertajuk Tokyo pada 2014 lalu. Salah satu singlenya yang berjudul RPG sempat booming ketika saya tinggal di Jepang.

5. The Blue Hearts

Sebenarnya The Blue Hearts telah bubar pada tahun 1995 lalu. Namun  Salah satu grup band legendaris Jepang yang berdiri pada pertengahan 1980-an ini sempat terkenal lewat karya-karya emasnya.

Mengusung aliran rock sebagi pakemnya, single perdana yang bertajuk Linda-Linda sukses sebagai iklan televisi dan juga drama televisi  (Socrates in Love, Gachi Baka) serta dipakai dalam sebuah film layar lebar “Linda linda linda” pada 2004 silam.

6. Greeeen

Dibentuk di Prefektur Fukushima dengan mengusung aliran breakbeat. Grup band ini beranggotakan 4 personil. Ada yang unik dari logo Greeeen ini yaitu gambar mulut yang tersenyum menampakkan gigi. 4 Huruf e dalam kata “Greeeen” ini merujuk pada jumlah personil mereka.

Logo Greeeen yang berbentuk mulut yang sedang tersenyum
jpopasia.com

Hingga saat ini, keempat wajah personil Greeen ini masih misterius, tidak ada satupun dari mereka yang pernah menampakkan wajah di hadapan publik. Tak nampak foto mereka di video promosi, acara televisi, atau di Internet.

Keempat personilnya adalah eks mahasiswa kedokteran gigi di Universitas Ohu, Fukushima yang sampai saat ini masih aktif menjadi seorang dokter gigi.

Mereka akan tetap menyembunyikan identitas agar tidak menganggu profesi mereka sebagai seorang dokter gigi. Salah satu lagu Greeeen yang saya sukai adalah Kiseki (キセキ). Berikut Cuplikan lagunya

7. Motohiro Hata

Serial Doraemon Stand by Me yang rilis 2015 silam membuat nama Motohiro Hata naik ke permukaan karena singlenya yang berjudul Himawari no Yakusoku (ひまわりの約束) atau janji bunga matahari berhasil menjadi Original Soundtrack dari film tersebut.

Saking populernya, lagu ini selalu dilantunkan para warga asing di Jepang termasuk orang Indonesia ketika berkaraoke ria di Jepang. Ada banyak lagu Motohiro Hata lainnya yang enak didengar. Cocok buat kamu yang suka lagu lagu melow romantis.

https://www.youtube.com/watch?v=Aw1nqhvHY48

Itulah 7 grup band dan penyanyi terbaik menurut saya, jika ada yang ingin menambahkan silahkan cantumkan di kolom komentar. Semoga artikel ini bermanfaat bagi anda semua.

Satu pemikiran pada “Lagu Lagu Jepang Terbaik yang Dikenal di Indonesia”

Tinggalkan komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.