Makanan Jepang Sushi

Macam Macam Makanan Jepang dan Gambarnya

Makanan Jepang – Selain kaya akan budaya dan tempat wisata, negara Jepang juga dikenal kaya akan makanan khasnya yang sudah mendunia dan tentunya memiliki cita rasa yang berbeda dengan makanan Indonesia. Dewasa ini siapa yang tak mengenal ramen, mie instan khas Jepang yang sudah tersebar ke berbagai negara di dunia. Atau ada juga sushi yang kini banyak disukai orang-orang Eropa dan Amerika karena dipercaya banyak mengandung gizi.

Nah, kali ini kita akan membahas mengenai macam-macam makanan Jepang baik itu makanan ringan maupun makanan berat. Setidaknya ada beberapa jenis makanan Jepang yang bisa anda coba ketika berkunjung ke Negeri Sakura tersebut suatu saat nanti.

Kue Khas Jepang

Di Jepang ada juga penganan-penganan manis yang banyak dijumpai di toko swalayan, minimarket, atau tempat-tempat wisata. Penganan atau kue khas Jepang ini biasanya berbahan dasar tepung dan diisi dengan azuki (小豆) atau kacang merah.

1. Kue Mochi

Ternyata kue mochi bukan makanan asli Indonesia, di Jepang pun kue ini sering dikonsumsi oleh masyarakat terutama ketika musim dingin saat merayakan festival mochitsuki. Makanan Jepang yang satu ini mempunyai rasa yang manis, berbentuk bulat/lonjong yang berisi kacang merah. Jika anda ingin mengetahui resep membuat kue mochi khas Jepang, silahkan baca artikel CARA MEMBUAT KUE MOCHI YANG ENAK DAN KENYAL.

Makanan Jepang Mochi
kobai.jp

2. Kue Dorayaki

Anda pasti mengenal kue dorayaki hanya sebatas dari serial kartun doraemon, tapi kue ini memang benar-benar ada di Jepang. Kue ini berwarna coklat berbentuk bulat pipih yang berisi kacang merah ditambah dengan madu yang membuat rasanya manis.

Makanan Jepang Dorayaki
kodama-dorayaki.co.jp

3. Kue Taiyaki

Hampir sama dengan dorayaki, kue takiyaki ini berisi kacang merah. Namun yang berbeda adalah bentuknya yang menyerupai ikan karena adonan dicetak dalam cetakan berbentuk ikan. Bagian atas kue dipanggang terpisah dengan bagian kue. setelah matang, kedua bagian kue disatukan dan diberi isian kacang merah atau keju.

Makanan jepang Taiyaki
youtube.com

Kumpulan Resep Masakan Jepang

Makanan Jepang ini adalah masakan yang biasa dikonsumsi sebagai makanan pokok untuk sarapan, makan siang atau makan malam. Beberapa diantaranya mungkin sudah familiar di telinga anda. Namun sebagian besar pasti masih asing.

1. Mie Ramen Jepang

Semua orang pasti mengetahui mie instan khas Jepang ini. Di Indonesia pun kini sudah banyak menjamur rumah makan yang menyediakan ramen sebagai menu utamanya. Rasanya yang cocok di lidah Orang Indonesia membuat ramen banyak diminati oleh semua kalangan.

Makanan Jepang Ramen
travelbook.co.jp

Di Jepang sendiri ramen diguyur dengan kuah kaldu hangat dan diberi irisan daging plus daun bawang yang membuat rasa ramen lebih gurih. Ketika musim panas tiba, ada satu ramen yang sering dikonsumsi yaitu soumen (そうめん) atau ramen dingin dengan campuran batu es di dalamnya.

Makanan Jepang Soumen
drwallet.jp

2. Makanan Jepang Sushi

Makanan Jepang selanjutnya adalah sushi. Yaitu nasi yang dibentuk kecil  kemudian di bagian dalam atau atasnya ditambahkan makanan laut seperti daging, telur ikan, dan sayuran mentah lalu dicampur dengan cuka, garam dan bumbu-bumbu Jepang lainnya.

Makanan Jepang Sushi
japhub.com

3. Makanan Jepang Soba

Makanan yang sejenis dengan ramen ini mempunyai rasa yang enak dengan kuah ikan yang bisa dikonsumsi oleh siapa saja. Kakesoba kuah soba berisi berbagai jenis topping seperti nori, tempura, daun bawang dan lain-lain. Selain Soba ada juga makanan yang disebut yakisoba yaitu soba tanpa kuah (mie goreng).

Makanan Jepang Soba
topicks.jp

4. Makanan Jepang Onigiri

Onigiri adalah nasi kepal yang dibungkus dengan nori (rumput laut) dan berisi berbagai macam isian seperti daging, sayuran, dan lain-lain. Onigiri biasa dijual di minimarket bagi seseorang yang tidak punya waktu untuk sarapan atau makan di rumah. Harga onigiri ini berkisar 100-150 yen saja.

Makanan jepang Onigiri
okwave.com

5. Makanan Jepang Takoyaki

Takoyaki mulai banyak digemari di Indonesia karena rasanya yang enak. Olahan berbahan dasar tepung dan daging gurita ini berbentuk bulat seukuran bola pingpong ini dimasak dalam sebuah cetakan bulat dan diberi topping saus mayonaise. Takoyaki banyak ditemui di daerah Osaka karena merupakan makanan khas di sana. Jadi jika anda berkunjung ke Osaka jangan lupa membeli penganan ini.

Makanan Jepang Takoyaki
wine-mellow.com

6. Makanan Jepang Okonomiyaki

Makanan khas daerah Osaka lainnya adalah okonomiyaki yang bahan dasaarnya sama seperti takoyaki namun dibuat di atas sebuah penggorengan. Adonan dituangkan lalu diberi aneka sayuran seperti kol, wortel dan irisan daging dan telur.

Makanan jepang Okonomiyaki
gathery.recruit-lifestyle.co.jp

7. Makanan Jepang Udon

Udon adalah mie terigu yang berukuran besar dengan kuah yang sama dengan kuah soba yaitu kuah ikan. Udon biasa dimakan ketika musim dingin untuk menghangatkan tubuh yang kedinginan. Jika membeli semangkuk udon di Jepang, harganya sekitar 500-1000 yen.

Makanan Jepang udon
gigazine.net

8. Makanan Jepang Sukiyaki

Adalah olahan daging sapi atau daging babi yang diiris tipis-tipis, potongan sayuran, tahu, jamur lalu dimasukkan kedalam panci yang berisi kuah kedelai, saus, dan mirin. Sukiyaki biasanya dimakan bersama-sama dalam jumlah besar seperti acara-acara perkumpulan.

Makanan Jepang Sukiyaki
cafy.jp

9. Makanan Jepang Oden

Oden adalah makanan yang banyak dijumpai ketika musim gugur terutama di kawasan Nagoya. Olahan ini terdiri dari rebusan telur, tahu goreng, ikan, lobak dan sayuran lainnya dalam panci panas.

Makanan Jepang Udon
hbol.jp

10. Makanan Jepang Gyuudon

Jika diterjemahkan gyuudon artinya daging sapi dalam mangkuk. yaitu nasi yang dibagian atasnya ditutupi daging sapi direbus dalam saus manis diberi bumbu kecap dan mirin. Gyuudon biasa dijual di tempat makan seperti sukiya, yoshinoya, atau matsuya.

Makana Jepang Gyuudon
gohongi-beauty.jp

11. Makanan Jepang Natto

Makanan satu ini mungkin tidak akan pernah anda coba kecuali anda adalah seorang pecinta makanan. Natto adalah kacang kedelai yang difermentasi layaknya tempe namun teksturnya yang lengket dengan bau yang tidak enak. Meskipun baunya aneh, orang Jepang sering mengkonsumsinya setiap hari.

Makanan Jepang Natto
taobao.com

Jika Ingin Belajar Huruf Hiragana Jepang Coba Kunjungi Artikel Cara Cepat dan Praktis Belajar Huruf Hiragana.

 

 

 

 

 

 

Satu pemikiran pada “Macam Macam Makanan Jepang dan Gambarnya”

  1. lapeeer liatnya.. dan bikin makin ga sabar mw ke jepang pas Feb nanti :D.. natto mungkin aku bakal coba mas.. aku suka penasaran soalnya.. masalah enak ato ga, liat ntr aja.. yg penting udh pernah nyicipin :D..

    itu ramen yg pake es batu jg kyknya unik yaa… pas winter tapi mungkin ga dijual kali yaa? akukan kesana winter soalnya

    Balas

Tinggalkan komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.