Makanan Khas Blitar

Makanan Khas Blitar yang Cetar

Kali ini japanesian.id akan kembali mengulas tentang kuliner enak Nusantara dan kota yang dipilih adalah Kota Proklamator, Kota Patria, Kota PETA yaitu Blitar. Makanan khas Blitar kira-kira seperti apa ya bentuk dan wujudnya?

Sebelumnya kamu pasti tahu kan Kota Blitar itu letaknya di Provinsi mana? Yap, Blitar adalah salah satu kota yang terdapat di Provinsi Jawa Timur. Kota ini terkenal akan makam Bapak Proklamator kita, Ir. Soekarno.

Makanan Khas Blitar

Makanan Khas Blitar
septerawati7.student.um.ac.id

Selain itu, Blitar juga punya kuliner-kuliner yang bikin ngiler siapa saja yang melihatnya. Nah, jika suatu saat kamu berkesempatan main ke Blitar, biar gak bingung nih saya kasih tahu makanan khas Blitar apa saja yang cocok dijadikan oleh-oleh.

Minuman Khas Blitar Es Drop

Makanan Khas Blitar Es Drop
essarikelapa.com

Kuliner pertama yang akan bikin kamu ngiler adalah minuman khas Blitar yang diberi nama es drop. Jika kamu berkunjung dan ziarah ke makam Bung Karno, pasti akan banyak melihat termos merah  di depan makam. Nah, warga Blitar menyebut termos itu dengan nama es drop.

Tapi es drop yang akan dibahas kali adalah sebuah  minuman yang bentuknya  menyerupai es krim pada umumnya. Sekadar informasi, pada dekade 90-an, es drop pernah populer bahkan sempat dijadikan hidangan pada acara-acara penting.

Banyak orang menyukai es drop ini karena rasanya yang bervariasi dan juga harganya yang cukup terjangkau. Selain itu ada tulisan di bungkusnya juga yang bunyinya “bungkus ramah lingkungan” dengan tujuan mengajak konsumen untuk membuang sampah pada tempatnya.

Makanan Khas Blitar Soto Daging Ireng

Makanan Khas Blitar Soto Daging Ireng
mblitar.net

Buat kamu yang pernah ke Blitar tapi  belum nyoba makanan khas Blitar yang satu ini pasti nyesel. Soto daging ireng menjadi salah satu makanan khas kota Blitar yang wajib kamu coba karena ketenarannya  sudah tak bisa diragukan lagi. Kawasan Jalan Kelud menjadi pusat penjualan Soto ini dengan berbagai makanan khas lainnya.

Makanan Khas Daerah Blitar Kue Wajik Kletik

Makanan Khas Blitar Soto Daging Ireng
menjualkerupuk.com

Dilihat dari namanya, mungkin makanan ini masih kurang familiar di telinga masyarakat umum. Namun di Blitar, kue wajik kletik menjadi makanan primadona yang sudah ada sejak zaman dahulu.

Kue ini berbahan dasar beras ketan, gula kelapa, serta campuran santan murni. Sementara untuk bungkus kue ini terbuat dari klobot jagung kering. Cocok banget buat oleh-oleh keluarga kamu di kampung halaman.

Oleh oleh Khas Blitar Geti

Makanan Khas Blitar Soto Daging Ireng
tokopedia.com

Makanan khas Blitar selanjutnya adalah Geti. Pasti belum tahu kan? Geti adalah camilan yang terbuat dari bahan yang sederhana yaitu kacang wijen dan gula merah. Selain dijadikan sebagai buah tangan khas Blitar, kue ini biasa dikonsumsi sebagai camilan atau suguhan pada acara pesta pernikahan dan event besar lainnya.

Meskipun pilihan rasanya masih terbatas, tidak sedikit wisatawan yang berkunjung ke Blitar mencari-cari penganan ini karena rasanya yang lezat.

Makanan Khas Kabupaten Blitar Tahu Bumbu Lawu

Makanan Khas Blitar Tahu Lontong
mblitar.net

Setiap kali melihat makanan ini, perut mandadak jadi keroncongan. Tahu bumbu lawu adalah perpaduan antara lontong, tahu setengah matang, tauge, kerupuk, sambal dan tentunya bumbu lawu yang menjadi kekhas-an makanan ini.

Saya jamin nafsu makan kamu bakal naik berkali-kali lipat ketika menyantap tahu bumbu lawu ini. Jika ingin mencari daerah penjual makanan ini, datangilah daerah Jalan Lawu di Blitar karena ada banyak warung yang menyajikannya. Selamat berburu guys!

Kuliner Khas Blitar Nasi Ampok

Makanan Khas Blitar Nasi
tokopedia.com

Nasi ampok banyak ditemui di berbagai kota di Jawa Timur seperti Kediri dan Blitar. Nasi yang dibuat dari jagung yang diolah menjadi makanan pokok ini lauknya didampingi dengan ikan asin, sayur-sayuran rebus, sambal tomat dan kerupuk. Mantaaap banget!

Makanan Khas Blitar City Peyek Uceng

Makanan Khas Blitar Uyeng
yumsfood.xyz

Uceng adalah nama ikan air tawar yang hidup di sungai berbentuk bulat dan memanjang dengan ukuran kira-kira sebesar jari kelingking. Karen itulah, peyek ini dinamakana Peyek Uceng.

Cara pembuatan rempeyek ini sama seperti pada umumnya yaitu dengan mencampurkan tepung beras, sagu, santan, daun jeruk dan tentunya uceng. Jika kamu ingin membelinya kamu bisa mengunjungi sentra oleh-oleh yang tersebar di berbagai lokasi di Blitar.

Makanan Khas Blitar Jatim Sego Pecel

Makanan Khas Blitar Sego Pecel
arlisajati.blogspot.com

Jawa Timur memang terkenal akan sego pecel atau nasi pecel sebagai makanan pokoknya. Di Blitar sendiri sego pecel yang dikonsumsi berbeda karena tekstur bumbu pecelnya yang lebih halus.

Selain itu juga sedikit berminyak dan rasanya lebih manis serta gurih. Bahan pokok dari sambal pecel khas Blitar ini adalah kacang tanah yang sudah disangrai, cabe rawit lalu dicampur dengan berbagai rempah-rempah seperti kencur, daun jeruk purut, asam jawa, bawah putih, gula merah, dan garam.

Dalam penyajiannya, sego pecel selalu dihidangkan dengan tempe goreng atau berbagai macam rempeyek. Cocok nih buat teman sarapan kamu di pagi hari sebelum menjelajahi kora Blitar.

Resep Makanan Khas Blitar Rujak Cingur

Makanan Khas Blitar Sego Pecel
rizky97maulidia.blogspot.com

Makanan khas Blitar selanjutnya yaitu makanan yang cocok disantap ketika siang hari. Rujak Cingur adalah makanan yang terdiri dari berbagai buah-buahan segar misalnya mentimun, kedongdong, bengkuang, kerahi, mangga muda, nanas dan tambahan lontong tahu,tempe, sayuran seperti tauge, kangkung, kacang panjang.

Lalu semua bahan tersebut dicampur dengan saus yang terbuat dari bumbu petis udang, cabang, kacang tanah goreng, bawang goreng, dan irisan pisang biji hijau. Terakhir diulek dengan air panas. Rujak ini memiliki rasa yang unik dan bermacam-macam karena dicampur dengan cingur.

Gimana? Bikin cetar dan bikin ngiler semua kan makanan khas Blitar di atas? Nah, kalu sudah begitu segeralah rencanakan dari sekarang waktu liburanmu bersama keluarga atau sahabat-sahabat karibmu ke kota Blitar.

Kamu juga bisa baca artikel-artikel tentang makanan khas kota lainnya termasuk Makanan Khas Ciamis Yang Bikin Kamu Semakin Manis. Sekian artikel yang bisa saya bagikan. Semoga bermanfaat. Jangan lupa Share ya!

 

Satu pemikiran pada “Makanan Khas Blitar yang Cetar”

Tinggalkan komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.