Makanan Khas Majalengka Pepes Jeroan

Makanan Khas Majalengka

Akhir-akhir ini Kota Majalengka di Provinsi Jawa Barat kerap menjadi destinasi utama para pelancong yang ingin merasakan berbagai hal yang ada di Majalengka termasuk Makanan Khas Majalengka. Selain itu, keasrian dan keindahan alam yang dimiliki Kota Majalengka juga menambah kepopuleran kota kecil di tanah sunda ini.

Meskipun menurut orang Majalengka sendiri bahwa Majalengka itu kota mati karena tidak mempunyai fasilitas umum seperti mall, bioskop, atau fasilitas modern lainnya. Tapi menurut saya, Majalengka itu daerah menarik. Kota Majalengka yang dikenal sebagai kota angin karena berada di kaki Gunung Ciremai.

Makanan Khas Majalengka
thomonradionet.com

Karena itulah Majalengka memiliki keindahan alam yang sering dijadikan tujuan wisata alam seperti kebun teh, curug, talaga, hutan pinus, dan masih ada banyak lagi. Selain itu di Majalengka juga punya banyak tempat untuk wisata kuliner makanan khas Majalengka.

Makanan khas Majalengka memiliki berbagai kuliner yang enak dan sangat tidak boleh kamu lewatkan jika berkunjung ke sana. Apa saja sih makanan khas Majalengka yang bikin kamu ketagihan dan kangen terhadap Kota Majalengka? Yuk simak di bawah ini.

1. Makanan Khas Majalengka Nasi Lengko

Makanan Khas Majalengka Nasi Lengko
ranselkecil.com

Makanan khas Majalengka yang satu ini adalah seporsi nasi yang diberi irisan tempe kecil, tahu goreng, dan disiram dengan bumbu sambal kacang serta ditaburi daun seledri. cocok untuk teman makan siang kamu setelah beraktivitas di pagi hari.

2. Makanan Khas Majalengka Pepes Jeroan

Makanan Khas Majalengka Pepes Jeroan
masakandapurku.com

Jika di kebanyakan daerah di Indonesia pepes berisikan ikan atau tahu. Beda halnya dengan Makanan khas Majalengka yang bernama pepes jeroan. Ya, pepes ini isinya jeroan-jeroan seperti usus, ati, ampela, dan lain-lain. Cocok disantap dengan nasi putih hangat dan segelas teh di pagi hari.

3. Makanan Khas Majalengka Kecap

Makanan Khas Majalengka Kecap Majalengka
saephotogallery.blogspot.com

Majalengka dikenal sebagai kota penghasil kecap, kenapa disebut demikian? karena di sana banyak sekali daerah yang memproduksi kecap yang tersebar hampir di setiap kecamatan. Seperti di 3 daerah Majalengka kota yang memiliki 3 pabrik kecap besar yang tersohor yaitu Kecap Maja Menjangan, Kecap Segitiga, dan Kecap Ban Bersayap.

Banyak makanan dari Majalengka yang dibuat menggunakan kecap. Jika ingin membeli kecap khas Majalengka, bisa datang ke outlet atau di pasar tradisional dan supermarket langsung.

4. Makanan Khas Majalengka Mangga Gedong Gincu

Makanan Khas Majalengka Mangga
birdbody.blogspot.com

Selain kecap, di Majalengka juga ada sentra penghasil mangga yaitu mangga gedong gincu. Mangga ini berwarna merah muda dengan rasa yang manis dan segar meskipun agak sedikit masam. Jika membeli di supermarket-supermarket besar, mangga jenis ini biasanya berharga mahal.

5. Makanan Khas Majalengka Durian Rajagaluh

Makanan Khas Majalengka Durian
youtube.com

Meskipun tidak setenar mangga, makanan khas Majalengka durian Rajagaluh atau dalam bahasa Sunda disebut Kadu banyak dijual di pinggir jalan arah Rajagaluh menuju Cirebon dan Kuningan. Rasanya tidak kalah dari durian montong dan juga harganya yang dijamin lebih murah. Rekomended banget buat kamu jika mampir ke Majalengka,

6. Makanan Khas Majalengka Kalua Jeruk

Makanan Khas Majalengka Kalua Jeruk
resepmasakankreatif.blogspot.com

Nama ini mungkin asing bagi kamu. kalua Jeruk adalah manisan dari daging kulit jeruk Bali yang dicampur dengan Gula kawung (Gula Merah). Teksturnya yang keras di luar tapi lembut di dalam dengan rasa yang sangat manis menjadikan olahan ini banyak diburu wisatawan sebagai makanan khas daerah Majalengka.

7. Makanan Khas Majalengka Oncom Goreng

Makanan Khas Majalengka Oncom Goreng
kaskus.com

Sesuai dengan namanya, makanan Majalengka ini dibuat dari oncom yang difermentasi kacang tanah dengan bakteri dari tempe. Oncom Goreng ini rasanya gurih. Cocok dijadikan camilan dan teman makan.

Di pasar tradisional dan supermarket, banyak dijual makanan ini dengan berbagai pilihan rasa seperti rasa pedas manis dan original.

8. Makanan Khas Majalengka Buah Duwet

Makanan Khas Majalengka Buah Duwet
bangaoo.blogspot.com

Satu lagi makanan khas Majalengka berbentuk buah yaitu Buah Duwet yang banyak ditemui di salah satu kabupaten di Majalengka. Orang mengenal buah ini dengan sebutan Jamblang. Buah ini sebesar anggur dengan warna ungu. Buah ini dipercaya memiliki khasiat sebagai obat diabetes dan mencegah kelebihan kolesterol. Rasa buahnya yang sedikit sepat membuat orang mengkonsumsinya bersama dengan gula pasir.

9. Makanan Ringan Khas Majalengka Kerupuk Melarat

Makanan Khas Majalengka Kerupuk Melarat

Makanan khas Majalengka berikutnya adalah kerupuk melarat yang diolah tidak menggunakan minyak goreng untuk memasaknya tapi menggunakan pasir panas yang membuat kerupuk ini mengembang. Ada 2 bumbu yang digunakan pada kerupuk ini yaitu rasa pedas dan rasa asin. Cocok dimakan dengan rujak atau bakso.


Itulah 9 makanan khas Majalengka yang sebagian besar mungkin tidak pernah kamu rasakan. Jadi, jika suatu saat kamu berencana liburan ke Majalengka, jangan lupa untuk membeli makanan dari Majalengka ini. Berikut pusat oleh-oleh Majalengka yang terdapat di beberapa titik di kota Majalengka.

Pusat Oleh-oleh di Majalengka

  1. Surya Toserba, Kadipaten (Jl. Raya Kadipaten, Majalengka, Kode Pos 45451)
  2. Pasar Leuwi Munding (Jl. Raya Leuwi Munding, Majalengka)
  3. Toko Wijaya (Perempatan Istana Bintang KHA Alim, Majalengka 45411)

Souvenir Khas Majalengka

Selain makanan khas Majalengka, souvenir di daerah ini jug banyak diburu. Misalnya saja souvenir gelas unik, cinderamata berbentuk genteng, buah mangga, dan lain sebagainya.

 

Belajar Bahasa Jepang Online, baca artikel ini!

Tinggalkan komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.