Makanan Khas Pekanbaru Roti Jala

11 Makanan Khas Pekanbaru Ini Cocok Untuk Pertolongan Pertama Perut Kelaparan

Apakah diantara teman-teman ada yang sudah mencicipi lezatnya makanan khas Pekanbaru? Bagi yang pernah berkunjung ke sana mungkin 11 makanan khas Pekanbaru ini salah satunya pernah kamu coba atau bawa untuk buah tangan.

Nah buat kamu yang berencana liburan ke Pekanbaru, mungkin artikel ini cocok buat dijadikan referensi memilih oleh-oleh dan makanan khas Pekanbaru. Langsung saja kita simak artikelnya!

Sekilas Tentang Kota & Makanan Khas Pekanbaru

Makanan Khas Pekanbaru
infosadayana.blogspot.com

Pekanbaru adalah salah satu kota di Indonesia yang juga menjadi ibukota Provinsi Riau. Kota Pekanbaru dikenal sebagai pusat kota perdagangan dan jasa karena letaknya yang strategis yang menghubungkan beberapa kota di sekitarnya.

Berbicara mengenai perdagangan, tentu tak lepas dari yang namanya jual beli barang. Nah salah satu yang menarik dari kota Pekanbaru adalah oleh-oleh dan makanan khasnya yang menjadi komoditas utama di kota berjuluk Kota Bertuah atau Kota Madani ini.

Makanan khas Pekanbaru berbeda dengan kebanyakan oleh-oleh dari Pulau Jawa atau lainnya. Biar gak semakin penasaran, lanjut baca artikelnya yuk!

Bolu Kemojo

Makanan Khas Pekanbaru Bolu Kemojo
triwahono.wordpress.com

Makanan khas Pekanbaru yang pertama adalah Bolu Kemojo yang dikenalkan oleh Ibu Dinawati sejak tahun 1998. Kue ini sebelumnya dibuat hanya untuk camilan keluarga sehari-hari dan tidak dipasarkan secara komersil apalagi dijadikan sebagai oleh-oleh dan makanan khas Pekanbaru.

Namun karena tekad yang kuat dan minimnya makanan khas Pekanbaru ketika itu, Ibu Dina sukses menyulap Bolu Kemojo ini sebagai oleh-oleh kota kelahirannya. Beliau merintis usahanya dengan membuka gerai di Jalan Pelajar, Pekanbaru.

Oleh-oleh Khas Pekanbaru Roti Jala

Makanan Khas Pekanbaru Roti Jala
kedaimelayuriau.com

Roti Jala ialah penganan yang berasal dari Melayu yang biasa disajikan bersama kuah kari khas Melayu. Di daerah Deli, Roti Jala disuguhkan bersama Kari Kambing dan Acar Nanas. Menurut Muhammad Muhar Omtahok selaku budayawan asal Melayu, Roti Jala adalah makanan ringan khas pekanbaru yang diadopsi dari penganan khas India.

Olahan Khas Pekanbaru Roti Canai

Makanan Khas Pekanbaru Roti Canai
agygyta.blogspot.com

Budaya Asia Timur memang sangat kuat di dataran Melayu seperti Malaysia dan Pekanbaru. Salah satu buktinya adalah makanan bernama Roti Canai. Makanan ini seringkali dinikmati bersama teh tarik atau masyarakat di Pekanbaru menyebutnya teh ais. Pasangan dari roti canai ini yaitu kuah dal, kari dan sambal ikan bilis.

Kata Canai berasal dari kegemaran para pencanai roti yang kerap menganginkan, meleperkan dan menebar roti. Ada juga yang menyebutkan istilah canai diambil dari nama bandara di India yang banyak menjual jenis roti ini, Bandara Chennai.

Kue Khas Pekanbaru Kue Asidah

Makanan Khas Pekanbaru Kue Asidah
nailandra.blogspot.com

Kue ini terbilang unik karena disajikan dengan taburan bawang goreng dan bisa dibentuk sesuka hati. Teksturnya yang lembut da rasanya yang manis perpaduan rempah-rempah seperti kayu manis, cengkeh, dan daun pandan membuat makanan khas di Pekanbaru ini banyak diburu wisatawan yang berkunjung ke sana.

Kue Khas Pekanbaru Bernama Kue Bangkit

Makanan Khas Pekanbaru Kue Bangkit
kuekeringlengkap.blogspot.co.id

Satu lagi kue unik yang berasal dari Pekanbaru, Kue Bangkit. Sesuai namanya, kue ini dikeluarkan dari dalam oven dengan ukuran 2 kali lipat dari ukuran adonan pada awalnya. Berwarna putih dan diberi titik merah di tengahnya, kue ini sangat disukai anak-anak. Kue bangkit akan melumer di mulut ketika dikunyah karena teksturnya yang mudah remuk.

Es Laksamana Mengamuk

Makanan Khas Pekanbaru Es Laksamana Mengamuk
youtube.com

Beralih ke minuman khas Pekanbaru, ada es yang namanya cukup unik yaitu Es Laksamana Mengamuk dimana buah kuini sebagai bahan utamanya. Menurut cerita, minuman ini berawal karena mengamuknya seorang laksamana di sebuah kebun kuini karena istrinya dibarwa kabur oleh pemilik kebun kuini.

Sang Laksamana menebaskan pedangnya ke seluruh pohon hingga buahnya hancur. Orang-orang di sekitar langsung mengambil buah kuini yang berserakan di rumput.

Awalnya warga bingung akan diapakan buah kuini sebanyak ini sampai akhirnya seorang wanita mencampurkannya dengan air santan dan gula merah. Jadilah minuman yang ketika itu langsung dinikmati oleh warga sekampung.

Lempuk Durian

Makanan Khas Pekanbaru Lempuk Durian
halloriau.com

Makanan khas Pekanbaru yang diolah dari buah durian. Rupanya menyerupai dodol khas Pulau Jawa. Lempuk sudah terkenal sebagai makanan khas Kabupaten Bengkalis, Riau. Bahkan ciri khas makanan Pekanbaru ini sudah menjadi ikon kota tersebut. Kurang lengkap rasanya jika kamu mengunjungi Riau namun tidak membeli oleh-oleh Lempuk Durian ini.

Kacang Pukul Bagan Siapi-api

Makanan Khas Pekanbaru Kacang Pukul Bagan Siapi-api
oleholehriau.com

Pernah mencicipi kacang ting-ting? Jika pernah, rasanya hampir sama dengan makanan khas Pekanbaru ini namun dengan rasa yang sedikit lebih manis. Sejarah kacang ini berasal dari warga keturunan Tionghoa yang rutin membuatnya setiap hari. Alhasil hingga saat ini banyak ditemukan kacang pukul di sentra oleh-oleh di Pekanbaru atau kota lainnya di Riau.

Minuman Khas Pekanbaru Air Mata Pengantin

Makanan Khas Pekanbaru Air Mata Pengantin
youtube.com

Selain es laksamana mengamuk, ada lagi minuman khas Pekanbaru yang namanya unik namun rasanya sangat segar. Namanya Es Air Mata Pengantin. Minuman ini konbinasi antara agar-agar, biji selasih, nata de coco, blewah serta serutan es batu. Cocok banget buat kamu yang lagi backpacker-an tengah hari di Pekanbaru.

Makanan Khas Pekanbaru Mie Sagu

Makanan Khas Pekanbaru Mie Sagu
sitirahmi.blogspot.com

Tak lengkap rasanya jika membahas makanan khas Pekanbaru namun tidak menyinggung olahan yang satu ini. Ya, Mie Sagu adalah makanan favorit masyarakat di sekitar Selat Panjang, Kabupaten Meranti, Provinsi Riau tepatnya berada di Pulau Tebing Tinggi.

Kuliner Khas Pekanbaru Ikan Salai

Makanan Khas Pekanbaru ikan Salai
ikansalaiterbaikriau.blogspot.com

Ikan yang digunakan untuk kuliner yang satu ini adalah ikan laut segar kemudian dikeringan dengan cara diasapi. Kabupaten Pelawan yang terletak di sepanjang sungai besar di Provinsi Riau adalah tempat yang banyak ditemukan kuliner ikan salai.

Bukan cuma dibuat dari ikan segar, namun cara penyajiannya pun terbilang unik dan mungkin akan membuat nafsu makanmu naik secara drastis. Tertarik untuk mencoba seluruh makanan dan minuman khas Pekanbaru ini?

Jika kamu sedang berkunjung ke Ciamis, jangan lupa baca artikelnya tentang Makanan Khas Ciamis ya teman-teman!

 

 

 

 

Tinggalkan komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.