Makanan Khas Purwodadi

Swike, Makanan Khas Purwodadi yang Unik dan ANTI MAINSTREAM

Purwodadi adalah sebuah kota yang berada di Provinsi Jawa Tengah yang mana di sana ada makanan khas Purwodadi yang Unik yaitu bernama Swike. Selain keindahan alamnya yang luar biasa seperti Bledug Kuwu, Api Abadi Mrapen serta Air Terjun Widuri, Purwodadi juga memiliki banyak sekali makanan khas yang patut kamu coba.

Sebelum membahas lebih jauh tentang makanan khas Purwodadi yang lainnya, kita simak dulu mengenai swike yaitu makanan khas unik asal Purwodadi. Seperti apa sih? Baca Juga Makanan Khas Blitar yang Cetar!

Makanan Khas Purwodadi Swike

Makanan Khas Purwodadi
dentistvschef.wordpress.com

Swikee atau Swike adalah masakan Tionghoa yang banyak ditemukan di Kota Purwodadi. Makanan ini unik karena bahan dasarnya yang terbuat dari kodok yang diolah sedemikian rupa.

Ada yang menghidangkannya dalam bentuk goreng, sup, kering atau tumis. Istilah swike berasal dari logat Hokkian yang merupakan bahasa slang untuk menyebut kodok dengan sebutan “ayam air”.

Kodok yang digunakan dalam makanan khas purwodadi swike ini adalah jenis kodok hijau dengan bumbu jahe, bawang putih, tauco, lada, dan garam. Setelah matang, swike biasanya ditaburi dengan bawah putih goreng dan daun seledri serta disantap dengan nasi putih.

Makanan Khas Purwodadi Swike
jalan2.com

Kebanyakan, hanya bagian paha kodok saja yang dibuat swike. Namun bagian kulitnya sering dijadikan kripik kulit kodok. Menu andalan swike adalah pepes kodok yaitu daging kodok tanpa tulang yang dimasak dalam bungkusan daun pisang.

Selain menjadi makanan khas Purwodadi, swike banyak ditemukan di restoran di berbagai kota besar di Indonesia seperti Jakarta dan Bandung. Mereka menamakan restorannya dengan sebutan “Swike Purwodadi”, “Swike Jatiwangi” atau “Jo Kodok”.

Sebagai tambahan informasi, Indonesia adalah negar di dunia yang menjadi pengekspor kodok terbesar dengan total lebih dari 5000 ton daging paha kodok setiap tahunnya. Negara yang paling banyak menerima kodok dari Indonesia adalah Belgia, Prancis dan Luksemburg.

Mau tahu makanan khas Majalengka? Baca Di sini

Variasi Olahan Makanan Swike Purwodadi

Makanan Khas Purwodadi Swike Kodok
qraved.com

Ada beberapa variasi untuk mengolah makanan khas Purwodadi yang satu ini. semuanya mempunyai rasa yang berbeda namun dengan bahan utama yang sama yaitu daging kodok. Diantaranya Swike Oh, Swik Goreng Mentega, Swike Kecap, Swike Saus Tomat, Swike Asam Manis, Swike Goreng Tepung, Swike Mayonaise, dan Pepes Swike.

Kontroversi Mengenai Swike Purwodadi

Makanan Khas Purwodadi Swike Kodok Halal
kuliner.panduanwisata.id

Ada 2 masalah yang muncul ke permukaan mengenai makanan swike ini yang pertama mengenai agama dan yang kedua berkaitan dengan lingkungan. Dari dari segi agama islam, mayoritas menganggap kodok bersifat haram karena didasari pada 2 faktor yaitu tidak boleh mengkonsumsi makanan yang menjijikan dan larangan untuk membunuh kodok serta binatang lainnya seperti semut, lebah.

Sementara dari sisi lingkungan, para aktivis mendesak masyarakat untuk mengurangi konsumsi kodok terutama untuk kodok liar yang bukan hasil peternakan karena pentingnya peran kodok dalam ekosistem.

Para peneliti memprediksi nasib kodok akan sama seperti ikan kod karena permintaan yang tinggi bisa mengurangi populasinya sangat hebat sehingga tidak bisa dipulihkan seperti sedia kala.

Seperti kebanyakan hewan amfibi lainnya yang memiliki kulit tipis, basah dan berlendir. Kodok sangat peka dan rentan terhadap pencemaran dan perubahan lingkungan. Dampaknya, populasi amfibia di dunia akan berkurang karena hancurnya habitat, kerusakan lingkungan dan lain-lain.

Makanan Khas Purwodadi Jawa Tengah

Nah selain terkenal dengan swike-nya yang unik, Purwodadi juga memiliki kuliner khas yang tetap aman untuk dikonsumsi. Jadi buat kamu yang lagi main di Purwodadi, sempatkan cobain makanan ini ya!

Kuliner Khas Purwodadi Sayur Becek

Makanan Khas Purwodadi Sayur Becek
grobogan.portalmuria.com

Kuliner Purwodadi yang satu ini cukup mudah ditemui di berbagai tempat makan di Purwodadi. Makanan dengan bahan utama dari tulang iga sapi atau balungan yang masih banyak daging yang menempel. Dimasak dengan sayur yang diracik menggunakan berbagai rempah-rempah serta daun kedondong membuat rasanya asam-pedas. Cocok disantap ketika makan siang.

Olahan Khas Purwodadi Nasi Jagung

Makanan Khas Purwodadi Nasi Jagung
seputar-jateng.wordpress.com

Nasi jagung biasanya dimakan menggunakan lauk  (lawuh) sambal gereh (ikan asin). Dibuat dari jagung pipil (jagung yang sudah tua) sebagai bahan pokoknya, makanan ini cocok disantap untuk sarapan kamu. Selain harganya yang murah, kamu bisa menemukan makanan khas Purwodadi yang satu ini di setiap penjuru daerah di Purwodadi.

Jajanan Khas Purwodadi Onde-onde Original

Makanan Khas Purwodadi Nasi Jagung
kulinerpurwodadi.blogspot.com

Bahan-bahan  untuk membuat onde-onde original ini harus berkualitas tinggi dan memiliki rasa yang berbeda dibandingkan dengan onde-onde lainnya di pasaran. Jajanan ini termasuk kedalam makanan khas Purwodadi yang wajib kamu beli karena keberadaannya sudah menjadi ikon kota Purwodadi.

Waktu yang cocok untuk menikmati penganan ini biasanya sambil  menonton film atau sebuah pertunjukan bersama teh hangat. Jajanan murah meriah yang wajib kamu beli ketika liburan ke Purwodadi. Klik makanan khas Ciamis untuk mengetahui makanan di sana.

Masakan Khas Purwodadi Sayur Lompong, Lemi, Mendoan

Makanan Khas Purwodadi Sayur
indonesian-medan-food.blogspot.com

Menu terakhir yang tidak kalah menggodanya adalah Sayur lompong. Dibuat dari batang lompong dipotong 5 cm lalu diberi bumbu bobor, disajikan dengan “lemi” (telur yuyu yang dioseng) , ditambah tempe mendoan hangat dan disajikan dengan segelas teh panas , Pas banget waktu hujan mengguyur kota Purwodadi untuk menyantapnya.  Rasanya maknyos kembrobos , keringat bisa keluar semua.

Gimana? Sudah mau mencoba makanan khas Purwodadi tadi? Apa masih ada yang kurang? Kamu boleh menambahkannya di kolom komentar, jangan lupa buat kamu anak Purwodadi untuk share artikel ini kota Purwodadi semakin terkenal. Buktikan bahwa kamu bangga menjadi orang yang terlahir di Kota Purwodadi.

 

 

Tinggalkan komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.