Manfaat Teh Hijau

27+ Manfaat Teh Hijau Bagi Kesehatan yang Belum Kamu Ketahui [Baca!]

Manfaat Teh Hijau – Teh Hijau atau yang biasa disebut Green Tea dalam Bahasa Inggris atau Ocha (お茶) dalam Bahasa Jepang adalah salah satu minuman yang sudah dikenal sejak zaman dahulu dan sudah terbukti akan khasiatnya bagi kesehatan tubuh manusia.

Teh hijau memiliki keunggulan dibanding jenis teh pada umumnya seperti teh hitam atau beberapa jenis teh lainnya. Berikut akan disampaikan beberapa manfaat teh hijau dan manfaat bagi kita apabila rutin mengkonsumsinya setiap hari.

Sejarah Manfaat Teh Hijau

Manfaat Teh Hijau
japanesian.id

Banyak yang mempercayai Teh Hijau pertama kali ditemukan di Tiongkok dengan Sebutan Lu Cha (緑茶) pada sekitar tahun 2737 SM oleh Kaisar Shen Nung yang juga seorang Sarjana yang menyambi sebagai dukun di Tiongkok.

Pada saat itu ketika ia sedang memasak air sambil berteduh dibawah pohon teh liar, kemudian secara tidak sengaja angin sepoi-sepoi menggugurkan daun teh tepat kedalam wadah tempat ia memasak air. Lalu iapun meminumnya dan diluar dugaan rasa yang dihasilkan pun sangat nikmat. Dari situlah orang mempercayai asal mula teh hijau di dunia.

Kemudian Dengyo Daishi seorang biarawan asal Negeri Matahari Terbit berhasil membawa benih pertama teh Hijau yang kemudian ditanam secara massal hampir di seluruh Jepang.

Hingga saat ini Jepang merupakan negara terbesar dalam memproduksi teh hijau di dunia bersama Tiongkok. Bahkan di Jepang sendiri ada budaya/upacara minum teh yang sering dilakukan oleh masyarakatnya. Upacara ini disebut Chadou (茶道).

Sejarah Teh Hijau di Indonesia

 

Manfaat Teh Hijau di Indonesia
santijehannanda.com

Ketika zaman penjajahan Belanda dahulu, dibawalah teh hijau ke Indonesia. Rakyat Indonesia mulai dikerahkan untuk menanam teh hijau dan kemudian hasil panennya diekspor ke Negeri Kincir Angin tersebut. Saat itulah produksi dan konsumsi teh hijau semakin berkembang di Indonesia.

Selama pemerintahan diduduki oleh Belanda, industri teh hijau dipegang sepenuhnya oleh Belanda hingga akhirnya pada masa kemerdekaan dibawah kepemimpinan Presiden Soekarno, perkebunan dan usaha teh di Indonesia dapat diambil alih oleh negara maupun pihak swasta.

Manfaat Minum Green Tea

Manfaat teh Hijau Untuk Diet
hariangadis.com

Saat ini perkebunan dan perusahaan teh hijau sudah banyak didirikan di seluruh dunia. Bahkan sudah banyak inovasi yang dikembangkan dengan bahan dasar teh hijau.

Misalnya kini banyak muncul produk dengan rasa green tea seperti es krim, biskuit, puding, minuman, dan lain sebagainya. Trend ini berawal dari Jepang dimana muncul istilah matcha.

Matcha sendiri sebenarnya adalah perpaduan antara teh hijau bubuk, susu, dan gula sehingga rasa yang dihasilkan pun menjadi manis, jauh dari rasa teh hijau sebenarnya yang pahit dan sedikit sepat. Mungkin jika kita mencoba merasakan teh hijau sesungguhnya, banyak yang tidak akan menyukainya.

Manfaat Teh Hijau Bagi Kesehatan

Terlepas dari itu semua, banyak sekali manfaat teh hijau apabila kita mengkonsumsinya secara rutin. Berikut akan dipaparkan beberapa manfaat teh hijau yang mungkin akan berguna bagi pembaca semua.

Khasiat Teh Hijau, Dapat Menghilangkan Stress

Manfaat teh Hijau Untuk Langsing
completewellbeing.com

Kamu sedang stress? banyak masalah dalam hidup anda atau rutinitas sehari sehari yang padat, mungkin secangkir teh hijau dan sedikit camilan dapat membantu menenangkan pikiran anda.

Seperti diketahui teh hijau mengandung asam amino bernama L-Thanine yang dapat membuat tenang dan menghilangkan kecemasan pada seseorang yang meminumnya.

Manfaat Teh Hijau Mencegah Obesitas/Kegemukan

Manfaat teh Hijau Untuk Stress
pinterest.com

Kabar baik bagi para penderita obesitas atau kelebihan berat badan atau bagi ibu hamil. Teh hijau dipercaya oleh kalangan medis mampu menahan gerakan glukosa dalam sel lemak seperti halnya manfaat dan kandungan yang terdapat pada ASI. Apabila selama ini anda tengah melakukan program diet sehat, saya sarankan konsumsi teh hijau setiap hari terutama di pagi hari.

Selain itu, lemak yang terdapat di sekitar paha, perut, lengan dan bagian yang rentan dijejali lemak dalam tubuh dapat dibakar  apabila kita merutinkan minum teh hijau setiap hari selama 1 tahun.

Insya Allah 70 kalori  setiap hari akan musnah dan dapat menurunkan 7 kg berat badan dalam 1 tahun. Dengan catatan olahraga teratur dan mengurangi makanan yang berlemak.

Manfaat Teh Hijau Untuk Kecantikan dan Membersihkan Jerawat

Manfaat Teh Hijau Untuk Fisik
newhdwallpaper.in

Kita seringkali malu ketika muncul jerawat di wajah, berbagai produk pembersih muka yang dipercaya dapat menghilangan jerawat pun telah dicoba. Jika usaha itu masih belum menampakan hasil, coba dengan cara alami yaitu mengkonsumsi teh hijau secara teratur.

Dimana kita tahu, jerawat biasanya disebabkan oleh minyak dan kotoran yang hinggap pada permukaan kulit sehingga mengakibatkan pori-pori tertutup. Hal ini bisa diatasi dengan teh hijau karena diyakini mengandung zat antioksidan.

Faedah Teh Hijau Panjang Umur

Manfaat Teh Hijau di Jepang
japanesian.id

Ketika kita menonton drama atau anime Jepang, sering melihat Orang Jepang minum teh? Jawabannya pasti “ya” karena di Jepang minum teh hijau merupakan kebiasaan yang lumrah, hampir setiap hari orang Jepang meminum teh, bahkan ketika bertamu pun hidangan pertama yang disajikan adalah teh hijau.

Apakah kita tahu bahwa hingga sekarang Jepang menjadi negara dengan usia harapan hidup tertinggi di dunia. Masyarakat Jepang rata-rata dapat hidup sampai usia 80 tahun untuk laki-laki dan 85 tahun untuk perempuan.

Angka harapan hidup yang tinggi ini salah satunya adalah berkat pola makan yang sehat dan mereka selalu mengkonsumsi teh hijau setiap harinya.

Cara Minum Teh Hijau

Setelah mengetahui beberapa manfaat dari teh hijau, berikutnya akan dipaparkan mengenai cara penyajian teh hijau yang benar. Penyeduhan yang salah dapat mengakibatkan kandungan vitamin dalam teh hijau hilang.

Jangan Tambahkan Gula/Perasa Tambahan

 

Manfaat Teh Hijau Untuk Kesehatan
japanesian.id

Usahakan menyeduh teh hijau tanpa tambahan apapun. Meskipun rasa yang dihasilkan pahit dan sedikit sepat, justru itulah yang paling baik dikonsumsi.

Apabila teh hijau sudah diolah di pabrik, kandungan antioksidannya sudah berkurang. Belum lagi teh hijau yang sudah dikemas dalam berbagai bentuk minuman botol, kebanyakan telah ditambahkan zat kimia dan pemanis buatan agar rasanya lebih menarik. Tentu hal ini kurang baik untuk kesehatan.

Perhatikan Suhu Air

Manfaat teh Hijau di Pagi Hari
japanesian.id

Teh hijau lebih baik dikonsumsi dengan air panas yang suhunya berkisar antara 80-90 derajat celcius. Selain itu proses penyeduhannya tidak boleh lebih dari 3 menit untuk sekali sajian.

Juga dianjurkan untuk tidak meniup teh hijau ketika kondisi air masih panas karena mengakibatkan tercampurnya dengan zat karbondioksida.

Waktu Penyimpanan Teh Hijau

Manfaat teh Hijau di Pagi Hari
khasiat.co.id

Rasa dan manfaat teh hijau akan lebih baik apabila menggunakan teh hijau yang masih baru dan segar. Disarankan segera konsumsi teh hijau yang baru di beli serta jangan menyimpannya terlalu lama.

Jika kita memetik dan mengkonsumsi daun teh langsung atau yang telah dikemas dalam kantong, usahakan habiskan dalam jangka waktu tidak lebih dari 6 bulan karena apabila dikonsumsi lebih dari jangka waktu itu, khasiat antioksidan teh hijau akan berkurang bahkan hilang.

Demikian artikel mengenai manfaat teh hijau yang perlu kamu ketahui. Semoga bermanfaat

Tinggalkan komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.