Masker Kefir

Manfaat Masker Kefir Serta Cara Buat dan Pakainya [AWAS KEFIR PALSU]

Apakah kamu pernah mendengar yang namanya masker kefir? Atau ada di antara teman-teman yang sudah mencoba menggunakan jenis masker ini? Mungkin buat kalian yang sering kepoin akun-akun instagram artis sudah tidak asing dengan produk kecantikan yang lagi hits ini.

Saking boomingnya, banyak artis yang ikut-ikutan bisnis atau jualan masker kefir ini mulai dari putri musisi Anang Hermansyah, Aurel, artis cantik Poppy Bunga sampai Betrand Antolin.

Masker kefir ialah masker yang dibuat dari hasil fermentasi susu sapi atau susu kambing. Nah yang jadi pertanyaannya adalah berasal dari kata apa kefir itu?

Setelah ditelusuri lebih dalam, kata kefir adalah nama produk minuman sama halnya seperti yoghurt. entah sejak kapan dan bagaimana ceritanya hingga bisa dijadikan masker kecantikan.

Jenis Masker Kefir

Masker Kefir
lifewaykefir.com

Saat ini ada banyak variant atau jenis dari masker kefir mulai yang original hingga yang sudah ditambahkan dengan ekstrak lain agar bisa menambah manfaat masker itu sendiri.

Berdasarkan informasi yang saya dapatkan dari kenalan yang juga menjual masker jenis kefir ini, ada beberapa variant yang biasa digunakan, diantaranya :

Masker Kefir Bengkoang

Masker Kefir Bengkoang
bellelina

Masker ini mempunyai kandungan sari bengkoang yang bisa memutihkan wajah secara alami. Manfaatnya antara lain untuk mencegah keriput pada kulit, mencerahkan wajah, serta mengencangkan kulit dan juga membuat kulit tampak berkilau dan lembut.

Masker Kefir Green Tea

Masker Kefir Green Tea
essencialoilsancuary.com

Masker kefir yang dicampur dengan green tea (teh hijau) ini banyak diburu oleh para wanita karena mempunyai manfaat bisa mengurangi minyak berlebih pada wajah. Green tea yang merupakan salah satu oleh oleh khas Jepang memang banyak digunakan sebagai pembersih kulit.

Masker Kefir Bamboo Charcoal

Masker Kefir Bamboo Charcoal
omjoni.com

Bamboo charcoal atau arang bambu dipercaya bisa mengeluarkan berbagai racun yang terdapat dalam kulit. Selain itu masker kefir ini bisa menghentikan siklus ketergantungan pada krim/obat tertentu.

Meremajakan kulit agar tampak lebih kencang dan juga menambah kadar kolagen dalam kulit. Melindungi kulit dari tumbuhnya bakteri dan jamur, mengurangi iritasi berlebih yang disebabkan terkikisnya epidermis, membuang ion negatif adalah manfaat yang terkandung dalam masker kefir bamboo charcoal.

Cara Membuat Masker Kefir Dengan Mudah

Cara Buat Masker Kefir
diynatural.com

Setelah melihat manfaat yang terkandung  di atas, kamu bisa menyesuaikan variant yang mana yang akan kamu gunakan sesuai dengan kebutuhan wajah kamu.

Buat kamu yang ingin buat sendiri  di rumah, ada beberapa cara yang bisa dilakukan. Bahan-bahan yang diperlukan adalah bibit kefir, susu kambing/sapi, wadah dari gelas kaca. Caranya :

  • Masukkan 2 sdm bibit kefir ke dalam wadah
  • Tuangkan susu kambing kurang lebih 2,5 cangkir bersama bibit kefir tadi.
  • Tutup rapat wadah dan simpan di kamar dengan suhu normal.
  • Tunggu hingga 8 jam atau lebih.

Kualitas kefir yang dihasilkan tergantung dengan lamanya proses fermentasi, semakin lama membiarkannya, maka hasilnya pun akan semakin baik.

Manfaat Masker Kefir Untuk Kecantikan

Manfaat Masker Kefir
natureshomespa.blogspot.com

Setelah menggunakan masker kefir ini, kamu harus tahu beberapa manfaatnya secara umum, yaitu :

  • Mengandung asam hidroksil afa yang berkhasiat meminimasilir terjadinya keriput dan memperlambat proses penuaan pada wajah.
  • Membantu mengatasi jerawat dan komedo di wajah.
  • Masker kefir mengandung bakteri lactobacili yang bisa mengatur keseimbangan zat asam dalam sel kulit.

Selain manfaat di atas, masker kefir juga mempunyai efek samping ketika digunakan yaitu saat pertama kali dipakai kulit wajah akan menjadi merah dan sedikit gatal.

Hal ini dianggap wajar karena zat yang terkandung dalam masker kefir sedang bekerja dalam lapisan kulit. Jangan khawatir, kulit akan kembali seperti biasa ketika keesokan harinya!

Cara Pakai Masker Kefir Tanpa Ribet

Cara Memakai Masker Kefir
japanesian.id

Hal umum yang harus diketahui dan yang sering ditanyakan mengenai masker kefir adalah cara penggunaanya. Masker kefir aman digunakan karena sebuah produk organik. Namun reaksi kulit sesorang bisa berbeda-beda. Berikut step by step cara pakai masker kefir :

  1. Cuci terlebih dahulu muka dengan sabun yang teksturnya lembut, lalu keringkan. Cara mengeringkan muka yang baik adalah dengan menempelkan handuk ke area muka yang basah. Jangan membiasakan menggosoknya di muka.
  2. Oleskan masker secara merata dengan alat bantu seperti kuas atau bisa juga langsung dengan tangan. Hindari daerah sekitar mata, lipatan samping hidung, dan sudut bibir karena daerah ini biasanya sangat sensitif terkena sesuatu.
  3. Jika memakai kuas, sisa yang menempel di kuas jangan lupa dibersihkan lalu dimasukkan ke dalam freezer lagi.
  4. Jika menggunakan tangan, kamu bisa mengoleskan sisa masker yang menempel di tangan untuk tangan atau kaki agar mulus juga.
  5. Tunggu selama 30 menit hingga masker sedikit demi sedikit berubah menjadi bening. Kalau sudah kering dan membentuk kerak, maka kerak ini akan menarik kulit wajah dan sedikit menimbulkan rasa gatal bagi yang belum terbiasa menggunakan masker kefir.
  6. Basuh wajah dengan air hangat untuk menghilangkan lemak susu yang telah menempel, keringkan kembali dengan handuk.
  7. Setelah dibilas dengan air, kulit terasa seperti berminyak, biarkan saja karena itu hanya kesan seperti berminyak, lama kelamaan kulit akan kembali alami dan kenyal.

Reaksi yang Sering Terjadi Setelah Menggunakan Masker Kefir

  • Tidak merasakan apa-apa
  • Sedikit gatal yang merupakan reaksi normal diakibatkan kulit terkena asam laktat yang terkadung dalam masker.
  • Merasa perih jika sebelumnya kulit wajah sering diberikan perawatan khusus. Atau bisa juga karena terlalu banyak pemakaian.
  • Jerawat akan hilang secara perlahan. Jika ingin maksimal, bisa ditambahkan bahan organik seperti madu.
  • Jika tekstur kulit kamu kering, kamu bisa mengatur pemakaian lebih tipis. Berikan juga minyal esensial organik sebelum dioleskan ke wajah sebagai pelembab kulit.

Bolehkah Memakai Masker Sambil Tidur?

Masker Kefir Sambil Tidur
homemademommy.net

Secara umum, maskeran sambil dibawa tidur tidak menimbulkan efek apapun. Kamu bisa maskeran semalaman lalu membasuhnya di pagi hari.

Karena masker yang mengering mungkin akan membuat tidur anda tidak nyaman, tambahkan pelembab setelah masker mengering. Atau dengan cara mengoleskan minyak esensial 2 tetes sebelum masker dioleskan.

Masker kefir boleh dicampur dengan bahan alami lainnya seperti buah-buahan, tumbuhan, teh, kopi, telur, madu, dan produk susu lainnya.

Efek Masker Bisa Terasa Setelah Berapa Lama?

Masker Kefir Alami
imperpefectlynatural.com

Untuk jenis kulit tertentu, penggunaan 1-2 kali saja efeknya bisa langsung terasa. Untuk kulit berminyak biasanya kulit akan nampak kencang dan pori-pori menjadi kecil.

Kefir adalah olahan fermentasi susu, 100 % produk organik. Efek yang dirasakan mungkin akan berbeda tergantung kesehatan tubuh dan juga pemakaian masing-masing.

Tips Membedakan Kefir Asli dan Palsu

Ada saja niat jahat yang dimanfaatkan oleh sebagian orang dari popularitas masker kefir ini, salah satunya adalah dengan menjual produk kefir palsu.

Masker palsu memiliki ciri bau yang tidak alami, berbeda dengan yang asli baunya seperti susu kambing atau sapi. Selain itu,jika dilihat dari tampilan, warna kefir palsu sedikit kekuningan sedangkan yang asli berwarna putih alami.

Cara termudahnya untuk mengetahui produk palsu adalah harga yang palsu pastinya mempunyai harga yang relatif lebih murah. Jangan tergiur ketika diiming-imingi masker dengan harga yang miring.

***

DISCLAIMER

Seluruh petunjuk dan cara pakai yang dipaparkan di atas adalah berdasarkan testimoni dan juga pengalaman pribadi para pemakai masker kefir. Bukan saran atau rekomendasi yang wajib kamu ikuti. Sesuikan dengan jenis kulit wajah masing-masing.

 

4 pemikiran pada “Manfaat Masker Kefir Serta Cara Buat dan Pakainya [AWAS KEFIR PALSU]”

Tinggalkan komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.