Negara Terkaya di Dunia Semua

Inilah 10 Negara Terkaya di Dunia Versi Japanesian

Negara Terkaya di Dunia Terbaru 2016 – GDP (Gross Domestic Product) atau pendapatan nasional bruto adalah sebuah cara dalam menentukan tingkat kekayaan dalam suatu negara pertahunnya.

Untuk mengetahui kekayaan dalam setiap negara pertahunannya beberapa organisasi keuangan internasional seperti International Monetary Fund(IMF) atau Dana Moneter Internasional (DMI) dan Bank Dunia melakukan perhitungan GDP perkapita.

Negara Terkaya di Dunia Semua

Dengan cara membagi tingkat pendapatan nasional dalam suatu negara dengan jumlah penduduknya di tahun itu. Dengan begitu mereka dapat menentukan mana negara terkaya pada tahun itu.

Merujuk dari data GDP perkapita Bank Dunia pada tahun 2015 maka dapat disebutkan ini adalah 10 negara terkaya di Dunia di mulai dari urutan teratas sampai bawah adalah sebagai berikut.

Negara Terkaya di Dunia : Luxemburg

Negara Terkaya di Dunia Luxemburg
wikipedia

Luxemburg merupakan salah satu negara terkecil di belahan bumi Eropa, Meski termasuk negara terkecil di Eropa, negara ini dinobatkan oleh Bank Dunia sebagai negara terkaya di Dunia. Pendapatan perkapita pertahunnya mencapai USD 110,665 atau sekitar 1 milyar.

Padahal negara ini hanya sebuah negara kecil di Eropa dengan luas sekitar 2.586 kilometer persegi. Negara Luxemburg ini dikelilingi oleh tiga negara yaitu Jerman, Perancis, dan Belgia menjadikannya selain kaya di sisi ekonomi juga kaya dalam hal budaya. Hal ini dapat dibuktikan dari penggunaan tiga bahasa resmi yaitu Jerman, Perancis, dan Luxemburg.

Negara Luxemburg ini memiki tingkat pengangguran yang rendah. Menurut Wikipedia tingkat penggaguran di negara Luxemborg ini hanya 4,4%  pada bulan juli 2015

Negara Terkaya di Dunia : Norwegia

Negara Terkaya di Dunia Norwegia
wikipedia

Di urutan ke-2 di tempati oleh Norwegia. Kerajaan Norwegia merupakan salah satu negara di Eropa dengan luas sekitar 385,525 kilometer persegi dengan jumlah penduduk hingga 4,9 juta.

Norwegia adalah salah satu negara di Eropa dengan tingkat kepadatan penduduk paling rendah. Pendapatan perkapita di negara ini mencapai USD 97,363. Norwegia dikenal kaya akan minyak dan gas alam.

Negara Terkaya di Dunia : Macau

Negara Terkaya di Dunia Macau
shutterstock.com

Berikutnya adalah Macau merupakan sebuah kolonia tertua Eropa di Tiongkok. Kolonia Macau berada di tepi barat Sungai Pearl Delta di selatan Provinsi Guangdong, China.

Macau dikenal memiliki bisnis besar di bidang kasino dan properti. Pendapatan perkapita di negara ini mencapai USD 96,444.

Negara Terkaya di Dunia : Qatar

Negara Terkaya di Dunia Qatar
flagz.co.nz

Negara Qatar menempati posisi ke-4 negara terkaya di Dunia. Qatar merupakan sebuah negara yang terletak di semenanjung kecil di jazirah Arab yang berbatasan langsung dengan Arab Saudi dan teluk Persia.

Awalnya perekonomian Qatar adalah perikanan dan mutiara tapi sekarang berkembang menjadi minyak dan gas bumi. Karenanya Qatar memiliki pendaptan perkapita mencapai USD 93,397.

Negara Terkaya di Dunia : Swiss

Negara Terkaya di Dunia Swiss
tipskeren.com

Di urutan ke-5 ditempati oleh Negara Swiss adalah sebuah negara yang sebagaian besar daerah kekuasaanya terdiri dari pegunungan Alpen. Swiss berbatasan dengan negara Jerman, Perancis, Italia dan Austria.

Negara Swiss memiliki 4 bahasa resmi yakni Jerman, Perancis, Italia dan Romansh. Negara yang terkenal dengan kualitas jam tangan dan coklatnya ini merupakan pusat perbankan sekaligus investasi terbaik dunia. Pendapatan perkapitanya mencapai USD 84,733.

Negara Terkaya di Dunia : Australia

Negara Terkaya di Dunia Australia
drodd.com

Di posisi ke-6 ini ada negara tetangga kita adalah. Negara Australia ini merupakan negara yang memiliki luas wilayah sekitar 7.682.300 kilometer persegi dengan jumlah populasinya sebesar 22 juta jiwa.

Australia merupakan salah satu negara dengan hasil tambang uranium dan emas terbesar. Australia dengan pendapatan perkapita mencapai USD 61,887

Negara Terkaya di Dunia : Denmark

Negara Terkaya di Dunia Denmark
weneedfun.com

Selanjutnya Negara Denmark. Yaitu sebuah negara yang paling minim melakukan tindak pidana korupsi. Selain itu yang membuat negara ini termasuk salah satu negara terkaya di dunia adalah sektor pendapatan yang cukup besar yang berasal dari sektor transportasi, energi, teknologi dan publik lainnya. Pendapatan perkapita negara ini mencapai USD 60,634.

Negara Terkaya di Dunia : Swedia

Negara Terkaya di Dunia Swedia
drodd.com

Di posisi ke-8 ditempati oleh Negara Swedia Merupakan negara ekonomi campuran berbasis ekspor. Negara ini memimpin segmen telekomunikasi dan  farmasi. dengan pendapatan perkapita mencapai USD 58, 887.

Negara Terkaya di Dunia : Singapura

Negara Terkaya di Dunia Singapura
shutterstock.com

Kembali negara tetangga kita berhasil menempati urutan ke-9 sebagai negara terkaya di Dunia versi Bank Dunia. Singapura adalah sebuah negara dengan luas wilayah 179,1 kilometer dengan tingkat kepadatan penduduk yang besar mirip dengan Luxemburg. Negara Singapura ini memiliki pendapatan perkapita sebesar USD 56,286.

Negara Terkaya di Dunia : Amerika Serikat

Negara Terkaya di Dunia Amerika
pixabay.com

Di urutan ke-10 di pegang oleh Amerika serikat (AS) Negara yang memiliki julukan Paman Sam ini merupakan sebuah negara dengan perekonomian termaju di Dunia.

Negera ini mempunyai sumber daya alam yang berlimpah, infrastruktur yang maju, dan produktivitas yang tinggi dengan pendapatan perkapita mencapai USD 54,629.

 

Tinggalkan komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.