Objek Wisata di Sukabumi

Yuk Intip 10 Objek Wisata di Sukabumi yang Wajib Dikunjungi

Sukabumi adalah salah satu daerah di Provinsi Jawa Barat yang berjarak kurang lebih 120 kilometer dari Jakarta dan 100 kilometer dari Bandung. Sukabumi juga menjadi salah satu tempat wisata populer di Jawa Barat karena memiliki udara yang segar dan alamnya yang masih terjaga. Pada hari libur dan akhir pekan, Sukabumi sering dikunjungi oleh warga sekitar Jakarta dan Bandung untuk sekedar melepas penat dari hiruk-pikuk keramaian ibukota.

Objek Wisata di Sukabumi
sekedarinfo.com

Ada banyak sekali objek wisata di Sukabumi terutama yang berupa pemandangan alam. Penasaran tempat seperti apa saja? Yuk intip 10 objek wisata di Sukabumi yang wajib dikunjungi oleh anda!

Objek Wisata di Sukabumi
gogonesia.com

1. Geopark Ciletuh

Berdasarkan para ahli geologi yang sempat meneliti objek wisata Geopark Ciletuh Sukabumi, dipaparkan bahwa tempat ini adalah salah satu tempat yang memiliki batuan tertua di Pulau Jawa. Ada yang menyebutkan juga bahwa kawasan ini dahulu adalah laut. Tapi kini telah terangkat dari bawah laut dan kemudian dikenal dengan sebutan Geopark Ciletuh atau taman bumi yang berada di daerah Ciletuh, Kabupaten Sukabumi.

Objek Wisata di Sukabumii
liburmulu.com

Jangka waktu ideal jika anda ingin berkunjung ke Geopark Ciletuh ini minimal memerlukan 3 sampai 4 hari agar bisa menikmati hampir semua spot yang ada di Geopark. Tapi bagi anda yang sibuk dan mungkin hanya memiliki waktu terbatas, jangan khawatir! Anda masih bisa mengunjungi beberapa objek wisata utama di sana yang bisa dinikmati cukup dalam waktu 1 sampai 2 hari. Misalnya Puncak darma, Panenjoan, Pantai Palangpang, Curug Cimarinjung, Curug Sodong. dan juga Curug Awang.

Objek Wisata di Sukabumi
bisniswisata.co.id

Geopark Ciletuh adalah objek wisata terbaik di pulau Jawa yang menawarkan macam-macam pemandangan alam seperti hamparan batu karang laut serta indahnya air terjun pegunungan yang cantik. Alamat dari Ciletuh ini berada di Kecamatan Ciemas, Kabupaten Sukabumi. Dibutuhkan 3 jam perjalanan dari Jakarta dengan menggunakan kendaraan offroad karena jalan yang dilewati lumayan menantang.

Objek Wisata di Sukabumi
galamedianews.com

2. Pantai Cibangban

Pantai ini berjarak sekitar 10 kilometer dari Palabuan Ratu. Pantai Cibangban adalah pantai yang masih bersih dan memiliki karakteristik ombak yang lebih tenang jika dibandingkan dengan Pantai Palabuan Ratu. Akses menuju Pantai Cibangban adalah anda harus mengambil jalan melalui daerah Cisolok.

Dari Jakarta mungkin memerlukan waktu 5 jam perjalanan menggunakan mobil . Karena ombaknya yang tidak terlalu ekstrim, pantai ini cocok untuk berenang bersama keluarga. Jika ingin menginap, di sekitar pantai juga banyak tersedia hotel dan cottage yang cukup nyaman.

Objek Wisata di Sukabumi
ngasihtau.com

3. Sungai Citarik

Citarik yang berada di Kabupaten Sukabumi dikenal memiliki sungai yang dijadikan berbagai kegiatan dan objek wisata seperti arung jeram, flying fox, paint ball, team building dan masih banyak lagi. Biasanya Sungai Citarik sering dikunjungi dan digunakan sebagai kegiatan rekreasi perusahaan, sekolah atau komunitas karena kebanyakan wisata di tempat ini bersifat  membangun kerja sama tim.
Bagi anda yang datang hanya 2 atau 3 orang jangan khawatir! Pengunjung yang bermain arung jeram di Sungai Citarik ini sangat banyak sehingga anda dapat berarung jeram bersama-sama.
Objek Wisata di Sukabumi
tiket.tokopedia.com
Arus air di Sungai Citarik ini juga tidak terlalu deras, Luas sungainya pun tidak terlalu lebar.  Jadi bagi anda yang baru pertama kali dan ingin mencoba bermain arung jeram, saya sarankan untuk berkunjung ke tempat ini bersama keluarga dan sanak saudara anda ketika akhir pekan.

4. Goa Buniayu

Buniayu berasal dari 2 kata Bahasa Sunda yaitu Buni yang artinya tersebunyi dan ayu yang berarti cantik. Goa Buniayu ini adalah objek wisata di Sukabumi yang paling banyak menguras tenaga. Kenapa tidak, Goa ini adalah goa yang besar, trek yang panjang dan dalam. Untuk dapat menyelesaikan seluruh tantangannya, anda harus mempersiapkan fisik yang prima dan memiliki badan yang sehat dan kuat karena anda harus menelusuri goa ini selama 5 jam perjalanan.

Objek Wisata di Sukabumi
java-wisata.com

Fisik anda akan dikuras habis karena kondisi medan yang ditempuh bukan hanya berbentuk jalan lurus tanpa rintangan saja. Anda akan melewati danau lumpur, berpegangan erat pada dinding-dinding tebing, memanjat tebing, melalui tumpukan batu, dan masih banyak lagi. Selama perjalanan di perut bumi Sukabumi ini, anda akan disuguhi lansekap yang tidak mungkin anda jumpai di permukaan bumi, sehingga ini akan menjadi pengalaman yang tidak akan terlupakan seumur hidup.

Objek wisata di Sukabumi
inisukabumi.com

5. Pantai Ujung Genteng

Pantai Ujung Genteng memang sudah tidak asing lagi bagi masyarakat Sukabumi dan sekitarnya. Namun bagi yang belum tahu tempat ini, mendengar ada pantai bernama Ujung Genteng mungkin akan terheran-heran, “pantai kok namanya Ujung Genteng?”.
Apa yang menarik di sana? Ujung Genteng adalah sebuah pantai indah yang berada di ujung Sukabumi yang juga menjadi habitat dan penangkaran penyu hijau yang dilindungi. Pantai Ujung Genteng memadukan keharmonisan alam sehingga jika anda berkunjung kesini akan mampu menghilangkan segala kepenatan sehari-hari dari rutinitas anda.
Objek wisata di Sukabumi
initempatwisata.com
Spot ini lokasinya di Kecamatan Ciracap, Kabupaten Sukabumi berjarak sekitar 220 kilometer  dari Jakarta. Cukup jauh memang namun akan terbayar ketika anda bisa menikmati secara langsung ombak yang meliuk-liuk dan pantai yang berpasir putih. Anda juga bisa menyewa papan selancar untuk mencoba bermain surfing dan juga bisa memancing di Pantai Ujung Genteng ini.

6. Taman Wisata Selabintana

Taman Wisata Selabintana yang terletak tepat di kaki Gunung Pangrango ini adalah sebuah spot wisata di Kota Sukabumi yang menawarkan suasana hijau pegunungan yang asri. Selabintana cocok sekali untuk keluarga yang ingin berpiknik sambil makan-makan bersama di hijaunya pegunungan dengan suasana yang sejuk.

Objek Wisata di Sukabumi
tempatwisatadijawabarat.com

Dengan membayar 5.000 rupiah saja, anda sudah bisa masuk ke Taman Wisata Selabintana yang letaknya sekitar 7 kilometer dari pusat Kota Sukabumi. Berbagai jenis fasilitas dan wahana bermain ada di sini, diantaranya tempat parkir yang luas, mushola, kolam renang dengan air yang bersih dan sejuk, lokasi untuk berkemah, penginapan, kebun teh, hutan lindung, flying fox, dan macam-macam permainan ATV.

Objek Wisata di Sukabumi
hotelselabintana.com

7. Situ Gunung

Objek wisata selanjutnya yang tidak kalah menarik adalah Situ Gunung. Adalah sebuah danau yang letaknya berada di Kecamatan Kadudampit, Kabupaten Sukabumi. Kawasan ini juga berada di kaki Gunung Pangrango dengan suhu yang cukup dingin bagi anda yang terbiasa tinggal di Jakarta. Jaraknya sekitar 16 kilometer dari jantung Kota Sukabumi.

Objek Wisata di Sukabumi
lanscapes.org

Danau Situ Gunung ini adalah salah satu spot favorit para fotografer di Indonesia, hal ini terbukti dengan banyak beredarnya jumlah gambar Situ Gunung ini di situs pencarian Google. Seperti kebanyakan wisata danau lainnya di Indonesia, di sini juga anda dapat menaiki perahu, berkemah bersama teman-teman, memancing ikan, dan lain-lain.

Untuk yang belum pernah ke Situ Gunung, saya menyarankan jangan pergi pada malam hari karena akses menuju ke sana masih minim penerangan dan juga sinyal handphone yang kurang bagus.

Objek wisata di Sukabumi
liburmulu.com

8. Kampung Ciptagelar

Kampung Ciptagelar adalah sebuah kampung tua yang sampai saat ini sudah berumur sekitar 650 tahun dengan adat turun temurun yang masih dijaga sehingga ketika anda berkunjung ke tempat ini, anda akan merasakan sensasi kembali ke masa beberapa ratus tahun silam. Tentunya ini akan menjadi pengalaman unik yang tidak mungkin terlupakan.

Berada di Kecamatan Cisolok Sukabumi, rute menuju ke Kampung Ciptagelar dapat ditempuh menggunakan mobil dengan waktu perjalanan sekitar 5 jam.  Cukup lama namun semuanya akan terbayar lunas karena kebudayaan di Kampung Ciptagelar ini adalah kebudayaan yang tidak dapat anda temukan di tempat lain.

Objek Wisata di Sukabumi
mongabay.co.id

9. Kawah Ratu

Berada di sekitar kawasan lereng Gunung Salak, Kawah Ratu adalah sebuah kawah aktif yang terus-menerus mengeluarkan uap panas. Kawah Ratu adalah spot favorit para pecinta alam dan pendaki karena untuk dapat sampai ke sana, anda harus menyelesaikan pendakian dan akan melewati jalan setapak selama kurang lebih 3 jam.

Untuk pendaki yang masih pemula tapi ingin berkunjung ke Kawah Ratu ini, saya sarankan untuk tidak mendaki di waktu malam hari. Selain itu, demi keselamatan diri, jangan lupa juga untuk membawa peralatan mendaki lengkap seperti jas hujan, sandal gunung, payung, kompas, senter, bekal makanan, dan lain-lain.

Objek Wisata di Sukabumi
sisijalan.com

10. Pantai Cimaja

Disini anda akan melihat banyak turis asing berseliweran dan sebagian dari mereka sering bermain selancar. Tidak kalah dengan Bali, Ombak di Pantai Cimaja ini sangat cocok untuk berselancar. Beberapa tahun ini Pantai Cimaja sering dijadikan tempat kejuaraan profesional selancar baik tingkat nasional maupun internasional. Tempat ini juga cocok untuk anda berwisata bersama keluarga karena meskipun ombaknya besar tapi masih tetap aman. So, jika anda ingin menyaksikan para peselancar dunia menunjukan aslinya, di sinilah tempatnya!

Objek Wisata di Sukabumi
travel.detik.com

Demikianlah Sekilas tentang 10 Tempat wisata di Sukabumi yang wajib anda kunjungi. Namun ada satu pesan dari saya agar tempat-tempat seindah ini tetap terjaga. Janganlah membuang sampah sembarangan, mencorat-coret apalagi sampai merusak keindahan alam milik Allah yang dititipkan di Sukabumi ini! Selain untuk dinikmati, semua keindahan ini adalah untuk dijaga bersama-sama. Semoga bermanfaat!

 

Tinggalkan komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.