Mainan Kendama Khas Jepang

23+ Oleh Oleh Khas Jepang yang Unik dan Aneh [Kimochi!]

Oleh oleh khas Jepang – Bisa mengunjungi negara seindah Jepang adalah sebuah kebanggaan tersendiri bagi siapa saja baik yang hanya sekedar liburan dengan paket liburan ke Jepang ataupun yang menetap lama di sana seperti para gakusei (mahasiswa) dan kenshuusei (pemagang).

Buat kamu yang belum diberi kesempatan main ke Negeri Matahari Terbit atau berencana akan pergi ke sana dalam waktu dekat ini, saya akan berikan beberapa rekomendasi oleh oleh khas Jepang yang wajib kamu beli.

Membeli Oleh Oleh Khas Jepang

Toko Oleh Oleh Khas Jepang
japanesian.id

Ketika hari-hari terakhir sebelum saya pulang ke Indonesia, April 2016 silam, saya pun disibukkan dengan kegiatan mencari oleh oleh khas Jepang yang cocok saya bagikan kepada teman-teman dan sanak keluarga di Indonesia.

Karena itulah, agar kamu tidak repot dan bingung membeli oleh oleh khas Jepang, pada artikel kali ini secara khusus saya akan membahas rekomendasi oleh oleh khas Jepang beserta tempat budget yang harus dipersiapkan.

Harapannya ketika jalan-jalan ke Jepang nanti, kamu bisa liburan dengan nyaman dan menyenangkan tanpa memikirkan barang apa saja yang harus dibeli sebagai oleh oleh khas Jepang.

Sebelumnya, apakah kamu sudah belajar Bahasa Jepang sehari-hari yang akan digunakan nanti di sana? Kalau belum baca dulu yuk Membaca Huruf Hiragana Dengan Cepat yang sangat berguna ketika berkomunikasi secara sederhana.

Selain itu belajar angka dalam Bahasa Jepang juga tak kalah penting karena bisa digunakan untuk menghitung barang-barang yang akan kamu beli sebagai oleh oleh khas Jepang nanti.

Souvenir Khas Jepang

 

Oleh oleh khas Jepang Unik
japanesian.id

Ada banyak souvenir khas Jepang yang unik dan bisa dijadikan oleh oleh pada saat kepulangan kamu dari Jepang. Kamu juga harus pintar dan jeli dalam membeli oleh oleh khas Jepang ini karena dibalik keunikkan barangnya, terdapat harga yang mahal. Barang dari Jepang memang terkenal akan kualitasnya yang baik, tapi di sisi lain harga yang ditawarkan pun lumayan tinggi.

Untuk itu saya anjurkan untuk membeli barang yang sekiranya perlu saja dan sesuai budget yang dibawa karena selain oleh oleh Jepang, di sana kamu juga harus mengeluarkan budget untuk transportasi dan makanan yang kamu makan di sana.

Berbicara mengenai makanan, kamu juga harus mengenal makanan khas Jepang sebagai tambahan wawasan ketika melancong ke Negeri Matahari Terbit nanti. Jangan sampai perut kamu keroncongan karena budget dihabiskan hanya untuk membeli oleh oleh saja.

Oleh oleh Jepang Unik

Jika sudah membaca artikel-artikel yang saya sarankan tadi, selanjutnya mari kita bahas poin utama kita kali ini yaitu mengenai oleh oleh khas Jepang beserta penjelasan lengkapnya.

Souvenir dari Jepang Yukata

Oleh Oleh Khas Jepang Unik
tokyogirlsupdate.com

Yukata adalah pakaian tradisional khas Jepang yang biasa dipakai ketika musim panas saat perayaan Festival Hanabi. Apa itu hanabi? Silahkan baca di artikel tentang Musim panas di Jepang ini. Yukata bisa dibeli di toko oleh-oleh yang tersebar di seluruh Jepang. Harganya bervariatif mulai dari ribuan yen sampai belasan ribu yen.

Kitkat Matcha Khas Jepang

Oleh oleh khas jepang kitkat
blogs.yahoo.co.jp

Makanan yang satu ini adalah salah satu oleh oleh khas Jepang yang wajib kamu beli. Olahan dan snack berbahan dasar matcha banyak dijual di konbini (minimarket) atau di sekitar bandara. Satu produk yang paling terkenal di kalangan turis asing adalah kitkat rasa matcha. Harganya sekitar 500 yen per bungkus.

Oleh oleh Khas Jepang Serba 100 yen

 

Oleh oleh khas Jepang 100 Yen
subnade.co.jp

Alternatif lain bagi kamu yang punya budget minim tapi ingin membeli banyak oleh oleh khas Jepang adalah Hyaku en Shop atau toko serba 100 yen.

Di sana kamu bisa banyak menemukan barang-barang unik khas Jepang yang dijual serba 100 yen dari mulai alat tulis, alat makan, peralatan praktis dan lain-lain.

Toko serba 100 yen yang paling terkenal di Jepang adalah Daiso dan Seria. 2 nama tersebut banyak dijumpai di seluruh pusat kota dan objek wisata di Jepang.

Pernak Pernik Khas Jepang Denki Seihin (Alat Elektronik)

 

Oleh oleh khas Jepang elektronik
english.cheerup.jp

Alat elektronik Jepang banyak diburu wisatawan asing karena keunikan dan kualitasnya yang tinggi. Meskipun harganya cukup mahal, barang-barang seperti alat cukur, rice cooker, pemanas air, kompor listrik rela dibeli oleh para turis sebagai oleh oleh khas Jepang yang wajib didapatkan.

Jika kamu berniat juga membeli barang-barang elektronik tersebut, belilah di toko khusus oleh oleh berlabel free tax agar ketika di bandara kita tak perlu membayar pajak lagi.

Tas Khas Jepang

 

Oleh Oleh Khas Jepang Tas
nippon.com

Randoseru (ランドセル) adalah tas yang biasa dipakai anak TK dan Sekolah Dasar di Jepang. Karena keunikannya, banyak orang asing yang memburu jenis tas seperti ini. Para produsen tas pun melihat peluang ini dengan memproduksi dan memasarkannya dalam bentuk grosir tas murah asal Jepang sebagai oleh oleh khas Jepang dengan harga yang cukup mahal.

1 buah tas dibanderol paling murah sekitar 1 juta rupiah. Jika kamu punya budget lebih, tidak ada salahnya untuk membeli tas yang selalu dipakai nobita ini sebagai oleh oleh unik dari Jepang.

Pisau Khas Jepang

Oleh oleh Khas Jepang Pisau
blog.livedoor.jp

Pisau Jepang terkenal akan ketajaman dan modelnya yang bermacam-macam. Produk ini juga banyak dijual di toko oleh oleh khas Jepang yang dijual lengkap satu set dengan harga sekitar 5000 yen. Cocok dijadikan oleh oleh untuk ibu kamu di rumah.

Penganan Khas Jepang Wagashi

Oleh oleh Khas Jepang Kue
gathery.recruit-lifestyle.co.jp

Penganan manis khas Jepang atau disebut wagashi ini diminati karena bentuk-bentuk uniknya yang menyesuaikan dengan musim di Jepang. Perlu kamu ingat juga kalau wagashi ini masa kadaluwarsanya hanya beberapa hari, jadi jangan disimpan terlalu lama dan harus segera dimakan setelah pembelian.

Kipas Khas Jepang

Oleh Oleh Khas Jepang Kipas
kyoto-miyage.cp.jp

Bentuknya yang unik ditambah motif-motif yang bernuansa khas Jepang menjadikan sensu (扇子) diburu para wisatawan sebagai cinderamata khas Jepang. Kamu bisa membeli kipas ini dengan harga minimal 500 yen atau sekitar 60 ribu rupiah.

Sumpit Khas Jepang

Oleh oleh Khas Jepang Sumpit
mery.jp

Alat bantu makan khas Jepang yaitu sumpit bisa dijadikan sebagai hiasan atau pajangan yang diletakan di ruang tamu rumah kamu. Harganya tidak lebih dari 1000 yen saja.

Pernak pernik khas Jepang

Oleh oleh Khas jepang Gantungan kunci
item.rakuten.jp

Gantungan kunci yang mempunyai bentuk unik seperti sushi, katana, dan barang yang berbau Jepang lainnya menjadi barang yang wajib kamu beli sebagai oleh oleh khas Jepang berikutnya. Harganya sekitar 400 yen atau 50 ribu rupiah.

Pernak pernik Khas Jepang Hanko

Oleh oleh Khas Jepang Hanko
world-action.net

Kalau di Indonesia kita menggunakan tanda tangan untuk mewakili identitas diri kita dalam bentuk tertulis, Orang Jepang menggunakan cap yang tertulis nama mereka atau disebut hanko (判子). Kalau kamu mau mencoba membuat hanko dengan nama kamu sendiri bisa juga dijadikan sebagai kenang-kenangan dari Jepang.

Instan Ramen Khas Jepang

Oleh oleh khas Jepang Ramen
extracrispy.com

Jepang terkenal dengan makanan khasnya yang bernama  ramen. Membawa oleh oleh ini ke Indonesia tentu akan sangat menarik terlebih kita berikan kepada orang-orang yang kita sayang. Dengan harga yang sangat murah (100-200 yen), kamu sudah bisa membeli oleh oleh khas Jepang ini.

Sake Khas Jepang

Oleh oleh khas Jepang sake
ana-cooljapan.com

Satu lagi minuman khas Jepang yang sudah populer di seluruh dunia adalah sake. Buat kamu yang berminat membeli oleh oleh ini, ada banyak tempat di Jepang dimana kita bisa membeli sake sebagai buah tangan.

Sake adalah minuman mengandung alkohol yang diproduksi dengan cara fermentasi beras. Umumnya dinikmati dalam cangkir kecil yang disebut ochoko.

Setiap daerah di Jepang mempunyai citarasa sake yang berbeda. Pilihlah sesuai seleramu. Untuk yang beragama muslim, mungkin oleh oleh khs Jepang ini sangat tabu untuk dijadikan buah tangan.

Cinderamata Khas Jepang, Furoshiki

Oleh oleh khas Jepang furoshiki
babyccinokids.com

Benda ini mungkin terlihat seperti kain biasa, namun di Negeri Sakura furoshiki dipakai untuk semua aspek kehidupan sehari-hari. Misalnya saja dibuat menjadi tas, pembungkus bento ata barang, dan juga bisa dimanfaatkan menjadi dekorasi.

Furoshiki dijual dengan berbagai macam warna dan motif mulai dari tradisional dan budaya populer masa kini. harga yang ditawarkan untuk membeli sebuah furoshiki adalah berkisar 500 sampai 1000 yen.

Jika kamu sedang jalan-jalan di Tokyo, ada 2 tempat yang terkenal menjual oleh oleh khas Jepang ini yaitu di Shibuya dan Shinjuku. Berikut alamatnya :

  • Alamat: 2-31-8 Jingu-mae, Shibuya, Tokyo kode pos 150-0001
    Jam Buka: 11:00 – 19:00 (tutup setiap hari Rabu)
    Website: www.kyoto-musubi.com/shopdata/index.html
  • Yamato Nadeshiko
    Alamat: 6-15 Kagurazaka, Shinjuku, Tokyo kode pos 162-0825
    Jam Buka: 11:00 ~ 19:00
    Website: www.yamatonadeshiko-tokyo.com/about_furoshiki.html

Bagaimana? Pasti kamu tertarik membelinya bukan? Sebenarnya masih banyak lagi oleh oleh khas Jepang yang bisa saya rekomendasikan kepada teman-teman semua, namun karena keterbatasan waktu mungkin hanya itu dulu saja. Tapi sebagai penutup akan saya bagikan gambar-gambar cinderamata khas Jepang lainnya yang mungkin bisa jadi rekomendasi buat kamu.

Eitts Tapi tahan dulu, ada yang lebih penting dari itu. Sebelumnya kamu harus mengenal kereta tercepat di dunia yang berasal dari Jepang terlebih dahulu agar kamu tahu sistem transportasi di sana. Jika sudah belajar, ayo kita lihat kembali souvenir khas Jepang apa lagi yang bisa kamu beli pada saat ke Jepang nanti. Ini dia barang-barangnya:

Oleh oleh khas Jepang unik
japanesian.id

Mainan Khas Jepang, Kendama

Oleh oleh khas Jepang Kindama
japanesian.id

Kendama adalah permainan tradisional khas Jepang yang sudah ada sejak zaman dahulu. Mainan ini terbuat dari kayu namun ada juga yang terbuat dari bahan lainnya. Cara memainkannya sangat sederhana, cukup mengayun-ayun gagangnya agar bola bisa menancap di bagian atasnya.

Oleh oleh khas Jepang ini banyak ditemukan di tempat-tempat tradisional seperti Kyoto dengan harga yang cukup terjangkau. Cocok dijadikan buah tangan untuk keponakan kamu.

Dorayaki Khas Jepang

Oleh oleh khas Jepang Dorayaki
japanesian.id

Masih ingat dengan kue kesukaan doraemon yang satu ini? Ya, dorayaki adalah kue khas Jepang yang bentuknya bulat pipih berisi kacang tanah. Harganya yang murah dan rasanya yang manis bisa membuat anda memborong kue ini ketika liburan ke Jepang.

Kue Taiyaki Khas Jepang

Oleh oleh khas Jepang Taiyaki
japanesian.id

Hampir sama dengan kue dorayaki di atas, bedanya kue berisi kacang tanah ini bentuknya menyerupai ikan mas. Unik dan bisa membuat keluargamu di rumah tertawa lucu karena namanya yang sedikit nyeleneh.

Boneka khas Jepang

Oleh oleh khas Jepang Geisha
japanesian.id

Action figur dengan karakter klasik seperti geisha ini banyak diburu wisatawan sebagai oleh oleh khas Jepang. Harganya berkisar 3000 – 5000 yen per unit. Cukup terjangkau jika kamu menginginkan oleh oleh ini terpampang di ruang tamu rumahmu sebagai bukti bahwa kamu pernah mengunjungi Jepang.

Onigiri Khas Jepang

Oleh oleh khas Jepang Onigiri
japanesian.id

Nasi kepal yang dibalut dengan nori (rumput laut) ini juga bisa dibawa pulang sebagai oleh oleh dari Jepang, selain juga bisa menjadi bekal selama perjalanan kamu di Negeri Sakura. Harganya tidak lebih dari 150 yen per buah dengan berbagai macam rasa. Untuk kamu yang beragama muslim, hati-hati membeli onigir dengan isi daging babi dan sejenisnya!

Gantungan Kunci khas Jepang

Oleh oleh khas Jepang gantungan kunci
japanesian.id

Key holder atau gantungan kunci dengan bentuk unik dan menggemaskan ini adalah oleh oleh paling cocok untuk dibagikan kepada teman-teman kamu.

Baju khas Jepang

Oleh oleh khas Jepang Baju
japanesian.id

Biar kamu semakin keren setelah kembali ke Indonesia, kamu bisa memakai t-shirt bertuliskan tulisan atau gambar Jepang yang keren ini. Dijamin bakal bikin ngiri teman-teman dan orang terdekatmu.

Oke kita cukupkan dulu pembahasan kali ini, semoga apa yang kamu baca bisa menambah pengetahuan kamu serta bermanfaat. Jika kamu merasa artikel ini bermanfaat bagi banyak orang, kamu boleh share ke teman-teman yang sekiranya membutuhkan. Jika ada pertanyaan mengenai apapun seputar Jepang jangan sungkan untuk menanyakannya langsung kepada saya. Arigatou Gozaimasu!

7 pemikiran pada “23+ Oleh Oleh Khas Jepang yang Unik dan Aneh [Kimochi!]”

  1. Aiiisshhh, catet dulu ah infonyaa.. Feb 2017 aku mw ke jepang mas , ama keluarga.. 10 hr aja, kita mw liburan musim dingin memang :D.. kalo tujuan utama sih sbnrnya mw ke shirakawa go, tapi tempat2 lainnya bakal ita datangin juga.. aku jg trtarik mau ngeliat bbrpa kuil berhantu di jepang.. udah browsing2 nemu tuh skitar 3 kuil di osaka, kyoto dan tokyo yg katanya mistis hihihih :D.. oh trs ama rollercoaster pastinya :D. aku pecinta berat rollercoaster, dan ke jepang ini juga krn mau menjajal rollercoaster di sana yg paling extreme sedunia, kayak dodonpa di fuji Q, dan steel dragon di nagashima spa land.. ^o^..

    oleh2 pastilah ada beli, walo ga mau banyak2 ;p.. berat bagasi.. barang2 kecil yg kamu rekomen di atas boleh juga tuh

    Balas

Tinggalkan komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.